DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EKSISTENSI PONDOK DARUL HIJRAH 2 BANJARBARU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN
PENGARANG:AHMAD BADALI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-06


ABSTRAK

Ahmad Badali, 2023. Eksistensi Pondok Darul Hijrah 2 Banjarbaru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Wahyu (II) Mariatul Kiptiah.

 

Kata Kunci : Eksistensi, Pondok Darul Hijrah 2 dan Karakter Disiplin

 

Karakter yang baik adalah tidak secara otomatis dimiliki setiap manusia begitu ia dilahirkan, tetapi memerlukan proses panjang melalui pengasuhan dan pendidikan. Pendidikan karakter merupakan sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat berperilaku dengan bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya. Mengembangkan Karakter Disiplin Santri dari hasil penelitian karakter disiplin santri dilakukan disiplin secara umum dapat dikatakan berjalan sebagaimana mestinya dengan menanamkan kedisiplinan yang dilakukan melalui peningkatan motivasi, pendidikan dan latihan, kepemimpinan, penegakan aturan serta penerapan reward and punishment.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  yang bersifat deskriptif dengan lebih menekankan pada penemuan proses yang berkenaan dengan Eksistensi Pondok  Darul Hijrah 2 dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin. Pengambilan data menggunakan teknik Purposive Sampling.

Hasil penelitian didapatkan penerapan peraturan disiplin di Pondok Darul Hijrah 2 Putra sebenarnya sudah sejak lama di terapkan namun belum begitu optimal dan terprogram. Kendalan yang sudah dialami dalam penerapan karakter disiplinan yang telah dilaksanakan yaitu sedikitnya jumlah santri pada pondok pesantren Darul Hijrah 2 Putra ini. Upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi dilapangan, salah satu upaya yang telah dilakukan yaitu dengan cara mensosialisasikan bahwa adanya peraturan di pondok pesantren Darul Hijrah 2 Putra ini. Sosialisasi dilakukan setiap semester untuk membei tahu kepada santri bahwa peraturan-peraturan apa saja yang diperbolehkan dan peraturan yang dilarang dipondok pesantren Darul Hijrah 2 Putra ini. Untuk pengimplementasian masih belum maksimal.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan peraturan karakter disiplin di Pondok Darul Hijrah 2 sudah berlaku sejak lama, namun perlunya penyesuaian pemberlakuan peraturan tersebut dan para pengawas juga dapat memberlakukan secara optimal. Faktor yang mempengaruhi karekter disiplin santri yaitu berupa faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu niat, sifat dan perilaku kehidupan sehari-hari santri. Faktor eksternal yaitu lingkungan luar di kampung juga sangat berpengaruh untuk menanamkan karakter pada santri. Program pengawasan karakter disiplin di Pondok Darul Hijrah 2 sudah diberlakukan sejak lama dan juga sudah diberikan sosialisasi kepada santri-santri, Sebabnya karena para pengawas memiliki kegiatan dan jadwal yang padat dan ada sebagian masih berkuliah atau menempuh pendidikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI