DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Game Edukatif untuk Pembelajaran Di Sekolah
PENGARANG:AHMAD RAIHANI MUBARAK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-06


ABSTRAK

 

Game edukasi merupakan media pembelajaran baru yang dipercayai dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar dan dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap materi pembelajaran dengan menggunakan sebuah media pembelajaran berupa game yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan game edukatif pada pembelajaran di sekolah; (2)mendeskripsikan jenis-jenis game edukatif pada pembelajaran (3) Mendeskripsikan penggunaan game edukatif pada pembelajaran IPS.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan hasil penelitian studi literatur dengan mencari berbagai referensi sebagai bahan penulisan. Strategi penelusuran digunakan untuk mencari berbagai referensi. Mekanisme data digunakan untuk mencari kata kunci dalam menyelesaikan rumusan masalah. Sintesis data menentukan urutan dalam daftar pustaka yang telah dipilih dan disesuaikan.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) Game edukasi  merupakan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik dalam memahami materi yang diberikan sehingga membuat peserta didik lebih termotivasi untuk belajar.  (2) Terdapat dua jenis game edukatif yaitu game dalam bentuk digital dan non digital.  (3) Game edukatif merupakan satu media yang dapat dimanfaatkan pada pembelajaran IPS

Kata kunci: Game, Game Edukatif, Pembelajaran, Sekolah

ABSTRACT

 

Educational games are new learning media that are believed to increase children's motivation in learning and can increase children's understanding of learning materials by using learning media in the form of exciting games. This study aims to (1) describe educational games in learning in schools; (2) describe the types of educational games in learning (3) describe the use of educational games in social studies learning.

The research method uses a qualitative approach to describe the literature study results by looking for various references as writing material. The search strategy is used to find references. The data mechanism is used to find keywords in solving the problem formulation. Data synthesis determines the order in the selected bibliography.

Based on the study results, (1) Educational games are learning media that can attract the attention of students in understanding the material provided to make students more motivated to learn. (2) There are two types of educational games: games in digital and non-digital forms. (3) Educational games are a medium that can be used in social studies learning

Keywords: Games, Educational Games, Learning, Schools

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI