DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN DALAM KEGIATAN BERORGANISASI (OSIS) DI SEKOLAH
PENGARANG:KHADIJAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-07


Kata kunci : Pengembangan, Nilai Kewarganegaraaan, Osis.

 

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah pengembangan nilai-nilai kewarganegaraan pada siswa sangatlah penting.Pendidikan kewarganegaraan juga bisa disebut dengan pendidikan nilai. Pendidikan nilai itu sendiri selain bisa dikembangkan di dalam kelas juga bisa dipraktikkan di dalam organisasi para pelajar (OSIS). Perkembangan pendidikan menengah tidak lepas dari peran Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di sekolah sebagai wadah pembinaan siswa. Pengembangan nilai-nilai kewarganegaraan di sekolah tidak hanya melalui kegiatan belajar mengajar saja tetapi juga bisa dikembangkan di luar kelas  misalnyadalam bentuk kegiatan organisasi atau ekstrakurikuler. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran osis sebagai wadah dalam pengembangan nilai kewarganegaran dan motivator osis dalam mengembangkan nilai kewarganegaraan

 

Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil dari penelitian yang didapat pada pembina osis dan pengurus osis di SMAN 1 Jenamas: (1). OSIS SMAN 1 Jenamas mengembangan nilai-nilai kewarganegaraan melalui kegiatan memperingati hari besar, mengadakan lomba, Pramuka, penegakan disiplin dan tata tertib sekolah, upacara bendera hari senin, penyuluhan penyalahgunaan narkoba, penggalangan dana. (2). Motivator OSIS dalam mengembangkan nilai-nilai kewarganegaraan yaitu pembina dan pengurus harus bekerja sama memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa dan memberikan kesadaran.

 

Disarankan pengurus osis dan pembina osis dapat menjadi teladan dan contoh bagi peserta didik dan dapat meningkatkan aktivitas, kreatifitas dalam kegiatan-kegiatan osis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI