DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMENUHAN HAK PEDAGANG KAKI LIMA YANG TERDAMPAK COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI KEWARGANEGARAAN DI DESA PANTAI KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:MUHAMMAD YUSUF HABIBI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-07


KataKunci:PerananPemerintahDesa, HakPedagang,EkonomiKewarganegaraan

 

Pemerintahan Desa adalah subsistem dari sistem penyelenggaraanpemerintah,sehinggadesamemilikikewenanganuntukmengaturdanmenguruskepentinganmasyarakat desa khususnya menjamin kesejahteraan ekonomi masyarakat ditengahpandemi.Permasalahandalampenelitianiniyaitukesejahteraanmasyarakatkhususnya yang berprofesi sebagai pedagang kaki lima mengalami penurunan akibatkebijakan yang ditetapkan pemerintah desa. Beberapa bantuan yang diberikan jugabelumsepenuhnyadirasakan oleh masyarakatsecarakeseluruhan.

Tujuanpenelitianiniadalahmegetahuiperananpemerintahdesadalampemenuhanhakpedagangkakilimayangterdampakcovid-19dalamperspektifekonomikewarganegaraan di desa Pantaikabupaten Kotabaru.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber datadipilih secara purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis dengan tigatahap,yaitu reduksi data,penyajian data, dan menarikkesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran aparat desa Pantai telah maksimalmemberikanpelayananterbaikkepadamasyarakatdisituasicovid,dalamhalinitugasdari aparat desa yaitu mendistribusikan bantuan dari pemerintah pusat seperti BLT,bantuankepadaUMKMberupapembuatankrupukyangnantibisadijualolehmasyarakat, bantuan dari departemen sosial, dan program sanitasi. Tapi untuk saat iniprogramyangmasihkuatdijalankanadalahprogramBLT.2)HambatanyangditemukanberupadanaBLTsampaisaatinibelumsepenuhnyadirasakanolehmasyarakat yang terkena dampak pandemi covid, hanya sebagian saja yang telahmendapatkanbantuan tersebut

BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanbahwabagiaparatpemerintahdesaPantaidalampemenuhanhakpedagangkakilimaditengahpandemilebihdioptimalkanlagimelaluikerjasamadenganaparatpemerintahberadadiatasnya(Kabupaten), stakeholder, dan mitral lain untuk membantu memberikan keringananbagi masyarakat desa Pantai menghadapi krisis ekonomi akibat pandemi covid danterhadaphambatanyangdihadapiaparatpemerintahdesaPantai,penelitimenyarankanperlunya komunikasi dengan pemerintah diatasnya (Kabupaten), stakeholder, mitralain setempat agar lebih peka terhadap keadaan yang ada dan saling bantu membantudalammenumbuhkan kembali perekonomian di desaPantai.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI