DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMODEL PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
PENGARANG:LISA DWI YANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-07


Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang rendah mendorong diadakannya penelitian untuk melakukan variasi dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berbasis multimodel pada materi fluida dinamis yang layak, yakni valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah 27 peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 10 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk validitas, lembar keterlaksanaan RPP untuk kepraktisan, tes hasil belajar untuk efektivitas, dan lembar pengamatan kemampuan pemecahan masalah untuk ketercapaian kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Teknik analisis data diambil secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar berkategori sangat baik, kepraktisan berkategori sangat baik, dan efektivitas bahan ajar berkategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis multimodel pada materi fluida dinamis untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dikatakan layak digunakan pada pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, bahan ajar ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

 

Kata kunci: Fluida  dinamis, kemampuan pemecahan masalah, multimodel.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI