DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SELEKTIVITAS ALAT TANGKAP JARING INSANG (Gill net) TERHADAP IKAN LAMPAM DI PERAIRAN SUNGAI RANGAS KECAMATAN MARTAPURA TIMUR
PENGARANG:RIAN HANDOYO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-08


ABSTRAK

Rian Handoyo. Program Studi Perikanan Tangkap. Selektivitas Alat Tangkap Jaring Insang (Gill Net) Terhadap Ikan Lampam (Barbonymus Schwanenfeldii) Di Perairan Sungai Rangas Kecamatan Martapura Timur. Dibawah bimbingan Ir. Iriansyah, M.Si selaku ketua pembimbing dan Dr. Erwin Rosadi, S.Pi, M.Siselaku anggota pembimbing.

 

Tujuan penelitian ini adalah 1)Mendeskripsikan Jaring Insang atau Rengge (Gill Net) di perairan Sungai Rangas. 2) Menganalisis perbedaan hasil tangkapan Lampam (Barbonymus schwanefeldi) dari kedua perlakuan dengan ukuran mesh size 2 cm dan 3 cm. 3) Menganalisis ukuran dan jumlah Lampam (Barbonymus schwanefeldi) yang terseleksi oleh Jaring Insang atau Rengge (Gill Net). Penelitian ini dilaksanakan dari Desember 2021 yang berlokasi di Sungai Rangas Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Waktu penelitian dari persiapan hingga pembuatan laporan kurang lebih selama 6 bulan terhitung dari penyusunan usulan penelitian skripsi sampai dengan distribusi laporan menggunakan percobaan dilapangan (experimental fishing) yaitu dengan melakukan uji coba dilapangan terhadap rengge (Gill net) dengan 2 ukuran mata jaring yang berbeda yang dilakukan secara bersamaan waktu dan tempat pengoperasiannya. Data yang akan dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder, data primer adalah data yang langsung diperoleh dari sumber untuk tujuan khusus, sedangkan data sekunder adalah data yang terlebih dahulu disimpulkan dan dilaporkan oleh orang lain yang berasal dari literature dan studi pustaka. Alat tangkap yang digunakan dalam penelitian Selektivitas Alat Tangkap Jaring Insang (Gill Net) Terhadap Ikan Lampam (Barbonymus Schwanenfeldii) Di Perairan Sungai Rangas Kecamatan Martapura Timur ini adalah Rengge (Gillnet) ukuran mata jaring 2 cm dan 3 cm. Ikan yang tertangkap yaitu Lampam, Puyau, Puyau Batu, Hampala, Sepat, Sepat Siam, Papuyu, Haruan dan Baung.

 

Kata kunci : Selektivitas, Ikan Lampam, Perairan Sungai Rangas

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI