DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI PERILAKU EKONOMI (DISTRIBUSI) PADA BUDAYA SUNGAI
PENGARANG:FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-08


ABSTRAK

Fitri, 2022. Identifikasi Perilaku Ekonomi (Distribusi) Pada Budaya Sungai “Urang Banjar”Sebagai Suplemen Bahan Ajar Di Sekolah Menengah Atas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat (di Bawah Bimbingan Prof. Dr. Dwi Atmono, M.Pd, M.Si sebagai pembimbing I dan Dr. Muhammad Rahmatullah, M.Pd sebagai pembimbing II)

Kata Kunci: pembelajaran Ekonomi, Budaya Sungai, Bahan Ajar.

Kota Banjarmasin Merupakan Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin terletak di tepian timur Sungai Barito dan dibelah oleh Sungai Martapura dengan panjang 25.066 meter. Sungai ini merupakan sungai terpanjang yang melintasi wilayah Kota Banjarmasin. Banjarmasin juga disebut sebagai Kota seribu sungai karena banyaknya  sungai yang ada di wilayah tersebut. Penggunaan sungai urang banjar dapat di jadikan sebagai salah satu referensi bahan ajar pada materi ekonomi kegiatan distribusi. Bahan ajar merupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Ekonomi merupakan ilmu pengetahuan tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif fenomenologis. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, verification dan pemeriksaan data dengan triangulasi.

Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa, dalam budaya sungai urang banjar yang ada di kota Banjarmasin terdapat ruang sebagai sumber belajar dimana dapat kita temukan beberapa sumber pembelajaran pada belajar ekonomi, yaitu tentang gambaran peran perilaku dalam kegiatan ekonomi yakni distribusi. Juga adanya pemanfaatan sungai dulu dan sekarang dalam budaya sungai urang banjar yang ada di kota Banjarmasin sebagai sumber pembelajaran ekonomi untuki tingkat sekolah menengah atas (SMA), yang mana terdapata suatu kegiatan ekonomi yaitu terjadi pendistribusian atau penyaluran barang dan jasa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI