DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Prilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Pinggiran Sungai Barito Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:ISNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-10


Masalahsampahterutamasampahrumahtanggamenjadipermasalahanutama yang dihadapi oleh masyarakat,baik yang tinggal di perkotaan maupun di pinggiran sungai.Hal ini terjadi jugapada masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai Barito di Desa Sungai Gampadan Sungai Sahurai Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala. Hampirsemuamasyarakatyangtinggaldipinggiransungaitidakmelakukanpengelolaansampahdenganbenar,yaitu denganmembuangsampah ke sungai. Kebiasaan membuang sampah ke sungai ini disebabkan karenafaktor kebiasaan atau prilaku serta budaya dimasyarakat, kurangnya saranadanprasaranayangdisediakanolehpemerintahdaerah,danjugadisebabkankarenakurangnyakoordinasiyangdilakukanantarapemerintahdaerah,kecamatan, dan masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai.

Tujuan penelitianadalahuntukmenganalisiskebiasaanmasyarakatyangtinggaldipinggiran sungaiterkait pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengembanganpengelolaansampahyangtepatuntukdikembangkanbagimasyarakatyangtinggaldipinggiransungaidiDesa SungaiGampa danDesaSungaiSahurai.

Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian diambilsecarasengajamenggunakanhasilsensus(seluruhsampeldiambil)padamasyarakatyangtinggaldipinggiransungaiBaritoberdasarkankriteriayaituyang tinggal 0 – 100 meter dari tepi sungai yaitu sebanyak 147 kepala keluarga.Mereka terdiri dari DesaSungai GampaRT 01 sebanyak 50 kepala keluarga, DesaSungai Sahurai RT.01 42kepala keluarga, dan RT 02 sebanyak 55 kepala keluarga. Untuk menghitung jumlah sampeldi setiapdesamenggunakanperhitunganrumusproporsionalrandomsampling, sehingga diperoleh total kesuruhan sampel populasi desa sebanyak 312 kepala keluarga. MetodedihitungdenganmenggunakanrumusSlovin,                          sehingga diperoleh 76 kepala keluarga. Alat pengumpulan data penelitian adalah kuesioner,wawancara, pengamatan langsung, dan dokumentasi. Analisis data menggunakanSkala Likert, dan SWOT.

Hasil penelitian dengan menggunakan skala Likert menunjukkan78,05% secara sikap dan perilaku masyarakat sangat setuju adanya pengelolaansampah,86,23%masyarakatsangatsetujuadanyapeningkatansaranadanprasarana, dan 87,76% masyarakat sangat setuju adanya kebijakan dari Pemerintah     DaerahKabupatenBaritoKuala.BerdasarkanhasilanalisisSWOT,penelitimenggunakanrata-ratanilai,baikdaripenelitimaupunExpert/ProfessionalJudgmentdarinilaiIFAS =0,110danEFAS=0,621,makapengembanganpengelolaan sampah di pinggiran sungai berada pada kuadran I yaitu kondisi yang           sangatmenguntungkan,dimanakegiatanpengelolaansampahdiwilayah          penelitian dapat dilakukan dengan memanfaatkan peluang yang ada,sehinggastrategiyangharusditerapkanuntukmendukungkegiataniniadalahdenganpenerapan kebijakan pengelolaan sampah di wilayah penelitian dapat diterapkan, dari pemerintah daerah melalui penambahan anggaran pengelolaan sampah, penambahan sarana dan prasarana, melaksanakan kegiatan sosialisasi atau bimbingan teknis untuk peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan meningkatkan koordinasi, baik terhadap kecamatan, desa, dan masyarakat. Peran masyarakat sendiri dalam penerapan kebijakan pengelolaan sampah yaitu dengan ikut serta berperan aktif untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI