DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS MODEL INTERVENSI PADA JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA DI INDONESIA PERIODE 2012-2023
PENGARANG:FEBBY CHINDY AMELIA SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-12


Pariwisata saat ini menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan perekonomian negara. Sektor pariwisata memberikan manfaat positif karena mampu meningkatkan kesempatan kerja dan juga produktivitas negara. Posisi geografis yang strategis menjadikan Indonesia sebagai negara yang
menarik untuk dikunjungi, baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia selalu mengalami peningkatan pada tahun 2012-2019, akan tetapi pada Februari 2020 jumlah kunjungan mengalami penurunan yang cukup drastis dampak dari Covid-19. Dalam penelitian ini analisis intervensi digunakan untuk mengkaji data jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diketahui bahwa model SARIMA terbaik adalah ARIMA(1,1,0)(1,0,0)
12. Melalui residual respon intervensi diindikasi bahwa intervensi yang terjadi adalah menggunakan fungsi step. Untuk model intervensi yang terbentuk adalah ARIMA(1,1,0)(1,0,0)12 b=0, s=1, dan r=0. Dengan model yang terpilih dilakukan peramalan selama 2 periode ke depan. Hasil ramalan dengan model intervensi menunjukkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mengalami peningkatan. Bila dilakukan perbandingan antara data asli dengan data peramalan model intervensi, diketahui MAPE yang diperoleh adalah sebesar 9.2% yang berarti hasil peramalan sudah sangat baik.

Kata Kunci: Wisatawan Mancanegara, Peramalan, ARIMA, Intervensi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI