DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LAPORAN HASIL PENELITIAN SKRIPSI TINGKAT PENCEMARAN FOSFAT DAN NITRAT DI SUNGAI KEMUNING BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:FATHUL KHOIRIYAH
PENERBIT:FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN
TANGGAL:2018-12-19


RINGKASAN
FATHUL KHOIRIYAH (G1D114015), Hasil Penelitian Skripsi dengan judul “ Tingkat Pencemaran Fosfat dan Nitrat di Sungai Kemuning Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan” di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Ir. H. Mijani Rahman, M.Si, sebagai Ketua dan bapak Abdur Rahman, S.Pi, M.Sc, sebagai anggota Pembimbing.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kosentrasi dan menentukan tingkatan kandungan Fosfat dan Nitrat yang dapat menyebabkan pencemaran di Sungai Kemuning Banjarbaru berdasarkan metode Indeks Pencemaran (IP).
Manfaat dari hasil penelitian skripsi ini diharapkan dapat dicapai tujuan untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang berpotensi pencemaran yang merubah kualitas air Sungai Kemuning dan mengetahui beban pencemaran air sungai berdasarkan Fosfat dan Nitrat dari limbah rumah tangga berdasarkan metode Indeks Pencemaran (IP).
Penelitian ini dilakukan pada di lapangan dan laboratorium. Penelitian dilakukan observasi pengamatan terhadapat karakteristik fisik air Sungai Kemuning Banjarbaru yang mencakup suhu, kecerahan, debit air untuk parameter yang diuji parameter kimia DO dan pH. Penelitian di Laboratorium bertujuan untuk menguji parameter air sungai yang tidak bisa di uji secara dilapangan. Parameter yang di uji pada penelitian Laboratorium adalah Fosfat dan Nitrat.
Data hasil pengukuran dan pengambilan sampel yang dilakukan dengan pengamatan dan pengukuran langsung dilapangan/ in situ (Pengukuran Suhu, Kecerahan, Debit, pH, dan DO) dan di Laboratorium/ ex situ (Nitrat dan Fosfat). Pengukuran dan pengambilan sampel air dilakukan empat titik sampel air di masing-masing stasiun yang dilakukan pada pagi dan sore hari pada pukul 08:00 Wita – 17:00 Wita. Stasiun pengambilan sampel diantaranya Stasiun 1 : Jembatan Cokro Kusumo , Stasiun 2 : Sungai Besar Intan Sari, Stasiun 3 : Guntung Manggis, Stasiun 4 : Jembatan A. Yani.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Sungai Kemuning memperoleh Kosentrasi Fosfat (PO4) diperairan Sungai Kemuning Banjarbaru berkisar antara 0,30 mg/l – 7,51 mg/l dan kosentrasi Nitrat (NO3) 0,01 mg/l – 0,25 mg/l. Kosentrasi fosfat terendah di sungai intan sari yang memiliki kondisi perairan baik sedangkan kosentrasi tertinggi berada pada di belakang pasar sampai ke Jembatan A. Yani. Kosentrasi nitrat cenderung rendah di perairan Hulu – Hilir. Kandungan PO4 yaitu : pada stasiun 1 : PO4 berkisar 2,11 mg/l, stasiun 2 : PO4 berkisar 0,06 mg/l, stasiun 3 : PO4 berkisar 0,66 mg/l, dan stasiun 4 : PO4 berkisar 1,68 mg/l sedangkan kandungan NO3 yaitu : stasiun 1 :NO3 berkisar 3,0 mg/l, Stasiun 2 : NO3 0,9 mg/l jadi PO4, Stasiun 3 : NO3 berkisar 1,2 mg/l, Stasiun 4 : NO3 1,0 mg/l. Faktor pembatas pada stasiun I, III, dan IV adalah NO3 sedangkan pada stasiun II adalah PO4.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI