DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Identifikasi dan Diagnosis Penyimpangan Sosial Mahasiswa Gay di Banjarmasin
PENGARANG:AFIFAH RIZKY ISNAENI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-12


Penyimpangan sosial seperti perilaku homoseksual dikatakan menyimpang karena lazimnya dalam nilai dan norma yang berlaku dimasyarakat ialah dimana laki-laki berpasangan dengan perempuan bukan sesamanya yaitu laki-laki dengan laki-laki. Di Banjarmasin sendiri kaum gay dapat dijumpai pada beberapa universitas dimana mereka berstatus sebagai mahasiswa.Penelitian ini dilakukan untuk: 1) mengidentifikasi penyimpangan sosial yang dialami kaum gay di kota Banjarmasin yang masih berstatus sebagai mahasiswa; 2) melakukan diagnosis terhadap penyimpangan sosial yang terjadi pada mahasiswa Banjarmasin yang memiliki penyimpangan gay.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua yaitu menggunakan teknik snowball sampling dan juga pursposive sampling, dengan kriteria informan yaitu mahasiswa Universitas di Banjarmasin minimal semester 2 dan mengakui berorientasi seksual sebagai gay. Untuk menguji kredibilitas data peneliti menggunakan Triangulasi sumber, Triangulasi Teknik, dan Triangulasi waktu.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) dalam identifikasi  penyimpangan sosial mahasiswa gay di Banjarmasin dapat dilihat dari dua indikator yaitu kehidupan sosial dan kehidupan pribadi. 2) dalam diagnosis penyimpangan sosial mahasiswa gay di Banjarmasin terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan juga faktor eksternal yang dirasakan oleh ke-3 informan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan pada peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti pada tingkatan yang lebih luas lagi yakni seperti meneliti komunitas gay dilingkungan masyarakat sekitar.Peneliti menyarankan pada masyarakat Kota Banjarmasin agar dapat merangkul pelaku gay sehingga dapat merubah orientasi seksualnya.Saran pada pemerintah, akademisi, serta pihak terkait lainnya agar memberi edukasi mengenai konsep homoseksual, faktor penyebab, dan dampak yang ditimbulkan dari adanya masalah sosial penyimpangan seksual ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI