DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh penggunaan daging ikan yang berbeda terhadap uji hedonik bakso ikan
PENGARANG:MUHAMMAD RIZQI AKMAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-12


Muhammad Rizqi Akmal (1810711310004) Pengaruh Penggunaan Daging Ikan yang Berbeda Terhadap Uji Hedonik Pada Bakso Ikan. Di bawah bimbingan ibu Dr. Ir. Hj. Agustiana, M.P selaku ketua dan bapak Ir. Purnomo, M.P selaku anggota pembimbing.

            Ikan sebagai salah satu sumberdaya gizi yang mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi basah sekitar 17% dan kering 40%. Susunan asam amino di dalam ikan cukup baik, sehingga mutu gizinya setingkat dengan pangan hewani asal ternak seperti daging dan telur. Kandungan lemak ikan umumnya lebih rendah dibandingkan dengan komoditi pangan hewani lainnya. Oleh karena itu olahan ragam menu ikan perlu dilakukan agar masyarakat gemar memakan ikan, dengan cara mencampur dengan bahan-bahan lain untuk menghindari kebosanan mengkonsumsi ikan, serta paling penting adalah kebutuhan nutrisi dalam tubuh manusia. Banyak ragam menu olahan yang dapat dibuat, salah satunya adalah bakso ikan. Bakso ikan yang umum diolah dan dikonsumsi masyarakat Indonesia yaitu terbuat dari ikan tenggiri, ikan gabus, ikan mas dan ikan lele sehingga pada penelitian ini  menggunakan udang jerbung (Fenaeus merguiensis), ikan patin (Pangasius hypophthalmus) dan ikan nila (Oreochromis niloticus)bagaimana tingkat kesukaan panelis pada bakso ikan dengan tiga jenis ikan yang berbeda.

            Rancangan penelitian ini adalah dengan menggunakan 3 perlakuan yaitu perlakuan A (udang), B (patin), C (nila). Parameter uji yang digunakan yaitu uji hedonik menggunakan kesukaan panelis terhadap warna, aroma, tekstur dan rasa, hasil terbaik dari uji hedonik tersebut.

            Berdasarkan hasil uji hedonik yang telah dilakukan pada bakso ikan dari tiga jenis ikan yang berbeda diperoleh perlakuan terbaik yaitu perlakuan A (udang) yaitu mempunyai nilai uji hedonik tertinggi dengan spesifikasi warna 6,4 (sangat suka), aroma 5,7 (suka), tekstur 6,6 (sangat suka), dan rasa 6,4 (sangat suka).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI