DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISTIK KIMIA DAN SENSORI SIRUP EMULSI LABU KUNING (Cucurbita Moschata) DAN MINYAK SAWIT MERAH DENGAN TAMBAHAN MADU
PENGARANG:Dina Afrina
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-13


Sirup emulsi minyak sawit merupakan salah satu olahan produk fungsional yang diversifikasi memiliki kandungan provitamin-A yang cukup tinggi. Pengolahan sirup emulsi minyak sawit merah sebagai sumber karotenoid dengan penambahan sari labu kuning dan madu diharapkan menjadi produk yang disukai dan memiliki khasiat kesehatan (tinggi kandungan β-karoten) yang baik untuk dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat formulasi sirup emulsi dengan variasi konsentrasi minyak sawit merah dan konsentrasi sari labu kuning (Cucurbita Moschata) serta penambahan konsentrasi madu yang memiliki sifat kimiawi dan sensori terbaik.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan tiga kali pengulangan. Penelitian ini terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu kombinasi konsentrasi sari labu kuning dan minyak sawit merah 90:10 ; 85:15 ; 80:20. Faktor kedua yaitu konsentrasi madu 5% dan 10%. Analisis data kimia yang digunakan yaitu uji Analysis of Variance (ANOVA)dan dilanjutkan uji Duncan Multiple Test jika data yang dihasilkan berpengaruh signifikan untuk β-karoten, pH, total asam tertitrasi, Free Fatty Acid (FFA) gula pereduksi dan stabilitas. Adapun analisis sensori (skoring dan hedonik) menggunakan uji Kruskal Wallis dan dilanjutkan uji Multiple Comparison (Post Hoc Test) jika data yang dihasilkan berpengaruh untuk warna, aroma, tekstur dan rasa.

Sirup emulsi dengan formulasi sari labu kuning 80% dan minyak sawit merah 20% serta madu 10% merupakan perlakuan terbaik yaitu dengan karakteristik sensori yaitu warna kuning (4,02), aroma tidak beraroma khas labu kuning (2,37), tekstur cukup kental dan cukup mudah mengalir (3,13) dan rasa yang cukup manis (3,55). Adapun karakteristik kimia meliputi β – karoten 85,08 ppm, pH 6,87, total asam tertitrasi 0,68%, free fatty acid (FFA) 1,53%, gula pereduksi 10,32% dan stabilitas 86%.

Kata Kunci: labu kuning, minyak sawit merah, madu, sirup emulsi, β-karoten

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI