DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KALIMAT DEKLARATIF DALAM FILM "DILAN 1990"
PENGARANG:HAMIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-13


ABSTRAK 

Hamidah. 2023. Kalimat Deklaratif dalam Film “Dilan 1990”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sabhan, M.Pd.; (II) Faradina, M.Pd. 

 

Kata Kunci: sintaksis, kalimat, kalimat deklaratif, film, film Dilan 1990. 

Manusia merupakan makhluk yang memiliki akal, yang dapat menyampaikan maksud. Akal digunakan untuk berpikir melalui bahasa, baik secara lisan maupun tulisan. Satuan kebahasaan yang digunakan manusia dalam mengungkapkan hasil berpikirnya ialah kalimat. Dalam sebuah film terdapat ungkapan manusia, yang berbentuk kalimat pernyataan atau deklaratif. Kalimat deklaratif merupakan kalimat yang berisi informasi. Tujuan penelitian ini ialah (1) mendeskripsikan bentuk kalimat deklaratif dalam film Dilan 1990 (2) mendeskripsikan makna kalimat deklaratif dalam dilm Dilan 1990. 

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif- deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi dan observasi dengan teknik simak dan catat. Metode analisis data yang digunakan ialah identifikasi dan klasifikasi.  Data penelitian ini ialah dialog pemain film Dilan 1990. Data dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk uraian.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kalimat deklaratif jenis ungkapan perasaan dalam film Dilan 1990. Kalimat deklaratif tersebut meliputi: (1) ungkapan harapan; (2) ungkapan keyakinan; (3) ungkapan kebencian; (4) ungkapan kekhawatiran; (5) ungkapan serah diri/pasrah; (6) ungkapan kasih sayang; (7) ungkapan nasihat/peringatan; dan (8) ungkapan pengandaian/perumpamaan. 

Saran bagi peneliti selanjutnya yang memilih topik penelitian berkaitan dengan penelitian ini, disarankan membahas jenis kalimat berdasarkan fungsi yang lain, yaitu kalimat pernyataan atau interogatif, kalimat perintah atau imperatif, dan kalimat seruan dengan objek yang berbeda agar hasil yang diperoleh lebih beragam. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI