DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Sistem Jaringan Drainase Kawasan Pemukiman Komplek Hercules Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan
PENGARANG:Dhiya Nadhif Athaya
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-13


ABSTRAK

Drainase di Kota Banjarbaru secara umum baik, jarang terjadi genangan. Namun pada daerah tertentu terjadi genangan secara periodik yaitu tergenang kurang dari 6 (enam) bulan, salah satunya terdapat di Kecamatan Landasan Ulin yang merupakan peralihan lahan rawa beralih fungsi ke pemukiman. Lokasi penelitian adalah saluran drainase eksisting yang terletak di beberapa ruas jalan komplek Hercules Kelurahan Landasan Ulin. Pada umumnya saluran drainase di komplek Hercules adalah pasangan batu. Pemeliharaan yang kurang baik menyebabkan adanya sedimentasi sehingga memberikan dampak terhadap layanan saluran drainase. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengevaluasi ulang saluran drainase pada kawasan pemukiman komplek Hercules kota Banjarbaru berdasarkan sistem jaringan di lingkungan perumahan.

Metode analisis dalam dibagi menjadi dua  yang pertama adalah analisis hidrologi dan analisis hidrolika. Analisis hidrologi meliputi perhitungan curah hujan dari  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Syamsudin Noor demi mendapatkan parameter-parameter debit banjir rancangan, Lalu untuk mendapatkan analisis hidrolika ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu pengolahan data curah hujan harian selama 20 tahun untuk mendapatkan Analisa Frekuensi yang data curah hujan akan dihitung dengan metode distribusi yaitu Gumbel, Log Normal ,Normal dan Log Pearson Tipe III setelah itu dilakukan pencocokan  distribusi dengan Uji Chi Kuadrat dan Uji Smirnov-Kolmogorov.sebelum melakukan perhitungan debit banjir rancangan (Qr) terlebih dahulu dilakukan perhitungan debit limpasan pada saluran eksisting (Qeks).Barulah kita bandingkan Qr dan Qeks dan medapatkan selisih nya baru dilakukan perencanaan dimensi penampang dengan Qr yang didapat.

Dari hasil analisis hidrologi,hidrolika dan juga perbandingan perhitunagan dengan sistem jaringan drainase eksisting yang sudah dilakukan pembangunan dilihat dari debit limpasan pada saluran eksisting (Qeks) lalu dibandingkan dengan perhitungan debit banjir rancangan (Qr) bahwa ukuran penampang Box Culvert (60 x 80 x 100),U-Ditch 1 (60 x 75 x 100) ,U-Ditch 2 (60 x 90 x 100) dan juga tutup U-ditch tebal 5cm mencukupi untuk menampung debit banjir rancangan kala ulang 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun dan 20 tahun.

 

Kata Kunci: Sistem Jaringan Drainase, Debit Banjir Rancangan, Intesitas Curah Hujan, Debit Limpasan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI