DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM “SINIAR WARUNG KOPI” DI KANAL “YOUTUBE HAS CREATIVE”
PENGARANG:MUHAMMAD NUR IHSAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-14


ABSTRAK

 

Ihsan, Muhammad Nur. 2023. Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam “Siniar Warung Kopi” di Kanal “Youtube Has Creative”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Moh. Fatah Yasin, M.Pd.; (II) Dr. Noor Cahaya, M.Pd.

 

Kata kunci: pelanggaran prinsip kerja sama, siniar Warung Kopi

 

Keberadaan prinsip kerja sama sering ditemui dalam komunikasi formal atau informal. Pelanggaran prinsip kerja sama dalam penelitian ini penting untuk diteliti,   khsususnya bagi dunia pendidikan. Prinsip kerja sama penting diterapkan di dalam kelas saat pembelajaran bahasa Indonesia. Pelaksanaan prinsip kerja sama juga berhubungan dengan standar kompetensi berbicara jika mengacu pada silabus. Terakhir prinsip kerja sama merupakan materi yang diajarkan pada perkuliahan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Penelitian ini memiliki dua tujuan, pertama, untuk mendeskripsikan bentuk pelanggaran prinsip kerja sama dalam “Siniar Warung Kopi” di kanal Youtube Has Creative. Kedua, mendeskripsikan fungsi pelanggaran prinsip kerja sama dalam “Siniar Warung Kopi” di kanal Youtube Has Creative.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tuturan yang mengandung pelanggaran prinsip kerja sama yang ditranskripsikan ke dalam bentuk tulisan. Data tersebut didapat dari salah satu video yang ada di kanal Youtube Has Creative.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa pertama, pelanggaran prinsip kerja sama yang dikategorikan ke dalam empat bentuk pelanggaran maksim yaitu maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim cara; kedua, fungsi pelanggaran prinsip kerja sama yang terdiri dari fungsi memperjelas informasi, memunculkan implikatur, membuat kelucuan, mencairkan suasana, dan menutupi rasa malu.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI