DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENDETEKSIAN KEJADIAN FRONT BERDASARKAN DATA CITRA SATELIT DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRAKIRAAN SEBARAN DAERAH PENANGKAPAN IKAN DI LAUT JAWA
PENGARANG:MUHAMMAD FAJAR WARDHANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-14


Muhammad Fajar Wardhana  Program Studi Ilmu Kelautan. Pendeteksian Kejadian Front Berdasarkan Data Citra Satelit Dan Hubungannya Dengan Prakiraan Sebaran Daerah Penangkapan Ikan Di Laut Jawa. Dibawah bimbingan Dr. Muhammad Syahdan, S.Pi, M.Si.sebagai katua dan Dr. Frans Tony, S.Pi, MP. sebagai anggota pembimbing.

 

Front suhu permukaan laut atau Thermal Front dapat didefinisikan sebagai bagian terdepan dari daerah yang merupakan perbatasan dua massa air yang berbeda sifatnya. Pendeteksian Thermal Front dari Suhu Permukaan Laut (SPL) menggunakan metode Single Image Edge Detection (SIED). Hasilnya akan di hubungkan dengan PPDPI dengan perhitungan akurasi. Area penelitian Laut Jawa, yang meliputi laut teritorial nusantara, adalah salah satu tempat daerah penangkapan ikan yang sangat prospektif; Laut Jawa berjarak 400 km dari pulau Kalimantan.

Tujuan dari Penelitian ini adalah mengetahui peta sebaran Thermal Front menggunakan citra MODIS selama kurun waktu 3 tahun dari tahun 2019-2021 serta hubungan Front suhu permukaan laut dengan distribusi daerah titik potensial di Laut Jawa berdasarkan PPDPI dari BRIN dan mengetahui daerah yang mengalami kejadian Front paling banyak sebagai salah satu prediksi daerah dengan tingkat kesuburan tinggi diperairan Laut Jawa. Metode perolehan data yang digunakan yaitu data primer dengan mengunduh pada katalog data NASA Ocean Color untuk memperoleh nilai SPL dan menggunakan data citra satelit MODIS level 3 dan Peta PPDPI disusun oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang diperoleh secara gratis dengan mengunduh pada katalog data Kementerian Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia.

Metode yang di lakukan untuk menganalisis data yaitu berupa metode deskriptif digunakan untuk secara metodis menggambarkan fakta, kualitas, dan korelasi antara fenomena yang ditemukan selama proses penelitian. Distribusi Front suhu permukaan laut yang dihubungkan dengan PPDPI akan dijelaskan menggunakan metode deskriptif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini selama tiga tahun (2019-2021), wilayah yang mengalami kejadian Thermal Front paling banyak yang diprediksi memiliki tingkat kesuburan yang tinggi di Laut Jawa terdapat 32 titik dan hubungan Thermal Front dengan distribusi daerah titik potensial di Laut Jawa berdasarkan PPDPI dari BRIN di dapatkan jumlah rata-rata keseluruhan 3 tahun dari tahun 2019-2021 tersebut ialah 37.46 %.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI