DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI DESA KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ADELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-14


Adelia, 1810413320027 (2023), Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Desa Di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Di bawah bimbingan Mahyuni.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Desa Di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Kemudian dideskripsikan dan dianalisis dari aspek, kepentingan dari masyarakat, partipatoris, Sinergitas, Dinamis, Fisibilitas, dan Legalitas.

Penelitian ini menggunakan pendektan penelitian Kuantitatif dengan tipe penelitian, sedangkan untuk menganalisa alat ukur yang digunakan yaitu data interval. Dalam penelitian ini digunakan skala likert dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran Kuisioner dan analisis data dari penelitian ini bersifat Teknik persial dan analisis keseluruhan total.

Hasil penelitian yang dideskripsikan dengan 31 pertanyaan kemudian dihitung secara persial yaitu dengan menghitung setiap indikator yang terbagi dalam sejumlah pertanyaan, kemudian digolongkan pada enam ; dimensi berada dalamkelas kategori yang tinggi. Dengan persentase setiap dimensi yaitu, fokus pada kepentingan masyarakat 87,3%, partisipatoris 82,9%, dinamis 79,3%, sinergitas 83%, legalitas 80,6%, fisibilitas 79,8%. Sedangkan analisis secara keseluruhan dari total dimensi yang terbagi dalam enam; indikator yaitu berada pada kategori tinggi dengan persentase 82,8%

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk melihat tingkat partipasi masyarakat dalam pembangunan desa di kecamatan gambut yang kategorinya tinggi, maka diharapkan pemerintah harus mampu menjalankan kepimpinan sesaui karakter masyarakatnya.

Kata kunci : Partisipasi Masyarakat, Pembangunan, perencanaan dan pembangunan Desa

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI