DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Keragaan Pengilar (Pot trap) dan Dinamika Jenis Ikan Yang Tertangkap Di Perairan Kelurahan Petuk Katimpun Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah
PENGARANG:MUHAMMAD REDHA NOVRIYAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-15


Muhammad Redha Novriyan (1910713310004). Program Studi Perikanan Tangkap. Keragaan Pengilar (Pot trap) dan Dinamika Jenis Ikan Yang Tertangkap Di Perairan Kelurahan Petuk Katimpun Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah. Dibawah bimbingan Ir. Irhamsyah, M.Si selaku ketua tim pembimbing dan Dr. Erwin Rosadi, S.Pi, M.Si selaku anggota tim pembimbing.

Tujuan penelitian ini adalah 1.) Mendeskripsikan pengilar  yang digunakan di Kelurahan Petuk Katimpun Kota Palangkaraya. 2.) Menganalisis komposisi dan proporsi ikan yang tertangkap pada pengilar di Kelurahan Petuk Katimpun Kota Palangkaraya. 3.) Menganalisis indeks keanekaragaman, indeks keseragaman dan dominansi ikan yang tertangkap pada pengilar di perairan Kelurahan PetukKatimpun Kota Palangkaraya. Penelitian ini bertempat di Kelurahan Petuk Katimpun Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari – Juni 2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode purposive sampling. Alat tangkap yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pengilar (Pot trap). Komposisi dan proporsi hasil tangkapan terdapat 4 jenis ikan yaitu ikan baung (Hemibagrus nemurus) persentase hasil tangkapan sebesar 32,31%, ikan kelabau (Osteochilus melanopleurus) persentase hasil tangkapan  23,85%, ikan hampala (Hampala macrolepidota) persentase hasil tangkapan 16,15% dan ikan nilem (Osteochilus hasselti) dengan persentase hasil tangkapan yaitu  27,69%. Indeks keanekaragaman (H’), keseragaman (E), dan dominansi (C) pada fishing ground I yaitu 1,307 (keanekaragaman sedang), 0,943 (keseragaman populasi tinggi, komunitas stabil), 0,284 (dominansi rendah). Fishing ground II 1,351 (keanekaragaman sedang), 0,975 (keseragaman populasi tinggi, komunitas stabil), 0,266 (dominansi rendah). Fishing ground III 1,344 (keanekaragaman sedang), 0,969 (keseragaman populasi tinggi, komunitas stabil), 0,272 (dominansi rendah).

 

Kata Kunci      :           Pengilar, Indeks Keanekaragaman, Indeks Keseragaman, Indeks Dominansi, Petuk Katimpun

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI