DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pendekatan Ekosistem pada Pengelolaan Perikanan Ikan Kembung (Rastrelliger sp.) melalui Penilaian Domain Teknik Penangkapan Ikan dan Domain Sosial di Pelabuhan Perikanan Muara Kintap Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:SHENDY PUSPITASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-15


Pelabuhan Perikanan Muara Kintap merupakan salah satu pelabuhan perikanan yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan. Ikan kembung merupakan salah satu ikan yang menjadi komoditas di sana. Tujuan penelitian ini yaitu 1). Menganalisis pengelolaan perikanan ikan kembung di PP Muara Kintap berdasarkan hasil evaluasi dari setiap indikator EAFM yang tergabung dalam domain teknik penangkapan ikan; 2). Menganalisis pengelolaan perikanan ikan kembung di PP Muara Kintap berdasarkan hasil evaluasi dari setiap indikator EAFM yang tergabung dalam domain sosial; dan 3). Menganalisis rekomendasi apa saja yang dapat diberikan untuk memperbaiki pengelolaan perikanan ikan kembung di PP Muara Kintap berdasarkan indikator pada domain teknik penangkapan ikan dan domain sosial. Penelitian ini bertempat di Pelabuhan Perikanan Muara Kintap Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian dilakukan menggunakan metode purposive sampling, wawancara dan stratified random sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan perikanan ikan kembung di Pelabuhan Perikanan Muara Kintap berdasarkan EAFM dalam domain teknik penangkapan ikan mendapatkan nilai komposit 60 yang berarti pengelolaan perikanan ikan kembung termasuk sedang dalam menerapkan EAFM, sedangkan untuk domain sosial mendapat nilai komposit 45 yang berarti pengelolaan perikanan ikan kembung termasuk sedang dalam menerapkan EAFM. Rekomendasi yang dapat diberikan untuk memperbaiki pengelolaan perikanan ikan kembung seperti meningkatkan pengawasan terhadap alat tangkap yang digunakan, memberikan pelatihan terhadap awak kapal dan sebagainya.

Kata kunci: EAFM, domain teknik penangkapan ikan, domain sosial, Pelabuhan Perikanan Muara Kintap

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI