DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA BINTANG NINGGI II KECAMATAN TEWEH SELATAN KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:MELKY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-15


ABSTRAK

Melky, 1710413310020, 2023 “Pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Bintang Ninggi II Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara”. Dibawah bimbingan Apriansyah selaku dosen pembimbing skripsi.

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tercapainya Pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Pembangunan Infrastruktur Desa di Desa Bintang Ninggi II Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara. Dengan menggunakan tiga indikator perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe peneltian deskriftif sebagai upaya untuk menjawab permasalahan yang ada. peneliti menggunakan pendekatan kualitatif  karena permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini tidak berkenaan dengan angka-angka, tetapi mendeskripsikan, menguraikan, dan menggambarkan tentang tingkat Pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Pembangunan Desa Bintang Ninggi II Kecamatan Teweh Selatan Kabupaten Barito Utara.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif  yaitu  memberikan gambaran terhadap gejala yang ada agar memperoleh keterangan  dan  penjelasan dari  masalah  yang  ingin diangkat dalam penelitian ini.

            Dari hasil penelitian ini di dapat tiga indikator, yaitu Indikator Perencanaan Pengelolaan Alokasi Dana Desa, Indikator Pelaksanaan Pengelolaan Alokasi Dana Desa dan Indikator Pelapor Pengelolaan Alokasi Dana Desa. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan pengelolaan Alokasi Dana Desa kurang efektif, dimana penggunaan anggaran Alokasi Dana Desa dapat terselesaikan dengan baik namun dikarenakan kurangnya transparansi informasi terkait pelaksanaan perencanaan kegiatan oleh pemerintah desa kepada masyarakat, sehingga pencapaian tujuan pengelolaan Alokasi Dana Desa yang dilakukan di Desa Bintang Ninggi II masih kurang efektif. Hal ini karena proses yang tercipta dalam setiap tahapan Pengelolaan Alokasi Dana Desa tersebut belum sesuai dengan prinsip pengelolaan dan tujuan Alokasi Dana Desa yang mengutamakan transparansi informasi kepada masyarakat sebagai tim evaluasi dari setiap kegiatan pembangunan yang dilakukan.

Kata kunci: Pengelolaan Alokasi Dana Desa, Desa Bintang Ninggi II.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI