DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Material, Tahanan, Dan Daya Kapal Purse Seiner di Desa Kuala Tambangan Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:MUHAMMAD ILHAM FADLILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-15


ABSTRAK

Muhammad Ilham Fadlillah.ProgramStudiPerikananTangkap.Analisis Material, Tahanan, dan Daya Kapal Purse Seiner Di Desa Kuala Tambangan Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Dibawah Bimbingan Ahmadi S. Pi, M.Sc. Ph. D selakuketuapembimbing dan Dr. Erwin Rosadi, S.Pi, M.Si selakuanggota pembimbing.

SalahsatuDesadiKecamatanTakisungyangSebagianbesarmasyarakatnyamelakukanaktivitaspenangkapanikanyaituDesaKualaTambangan.KapalPurseSeineyangberlabuhdiDesaKualatambanganmerupakankapalkayuyangdibangunmenggunakanmetodetradisional.Salahsatuunsur yang harus diperhatikan dalam pembuatan kapal atau saat pengoperasiankapal adalah stabilitas kapal. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis material kapal purse seine di Desa Kuala Tambangan Kecamatan TakisungKabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. 2) Menganalisis tahanan kapalpurseseine di Desa Kuala Tambangan Kecamatan TakisungKabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. 3) Menganalisis Daya yang Dibutuhkan Kapal Untuk Melaju.Penelitiandilakukanmenggunakanmetodepurposivesampling.Kapal sampel yang digunakan adalah KM. Mantan sebesar 21 GT dan KM. Perdana 31 GT. Material KM mantan terdiri dari kayu ulin (60%), kayu laban (20%) dan kayu bungur (20%) sedangkan material KM perdana terdiri dari ulin ulin (75%) dan kayu laban (25%). Tahanan KM. Perdana (29,106 kN) memiliki tahanan 2 kali lebih besar dari KM. Mantan (14,088 kN) dan Daya yang dibutuhkan KM. Perdana (224,585 HP) 3 kali lebih besar dari KM. Mantan (84,421 HP)

KataKunci:Material Kapal, PurseSeine,TahananKapal, Daya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI