DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI PEMAHAMAN KONSEP DAN MISKONSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 MUARA HARUS TOPIK RANGKAIAN LISTRIK SEARAH BERBASIS REPRESENTASI GRAFIK DAN VERBAL
PENGARANG:ELSA HERMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-15


STUDI PEMAHAMAN KONSEP DAN MISKONSEPSI SISWA SMAN 1 MUARA HARUS TOPIK RANGKAIAN LISTRIK SEARAH BERBASIS REPRESENTASI GRAFIK DAN VERBAL (oleh: Elsa Hermayanti; Pembimbing: Abdul Salam, Surya Haryandi; 2020; 30 halaman)

                               

                                                         ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan tingkat pemahaman dan miskonsepsi yang terjadi  pada siswa SMA Negeri 1 Muara Harus pada konsep rangkaian listrik arus searah berbasis representasi grafik dan verbal.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Muara Harus tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 20 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah dengan teknik tes menggunakan instrument berupa soal pilihan ganda representasi grafik dan verbal. Hasil penelitian untuk tingkat pemahaman pada siswa XII MIPA SMA Negeri 1 Muara Harus tentang rangkaian listrik arus searah masih berkategori rendah, dengan perolehan skor rata-rata hanya sebesar 12,5 dengan deviasi standar sebesar 10,94, sedangkan untuk hasil penelitian tingkat miskonsepsi siswa XII MIPA SMA Negeri 1 Muara Harus tentang rangkaian listrik arus searah mencapai 23% Sub topik dengan tingkat miskonsepsi paling besar ada pada pemahaman rangkaian listrik seri parallel serta hukum ohm. Peneliti juga menemukan bahwa tingkat pemahaman siswa XII MIPA SMA Muara Harus untuk representasi verbal sebesar 17%, sedangkan untuk representasi grafik hanya sebesar 8% saja. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa pada tes representasi verbal lebih tinggi dari pada pemahaman siswa pada tes representasi grafik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI