DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN TASK COMMITMENT DENGAN FLOW AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI KECERDASAN INTELEKTUAL SUPERIOR DI SMAN 1 MARTAPURA
PENGARANG:Dwi Retno Puspita
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-12-19


ABSTRAK
HUBUNGAN TASK COMMITMENT DENGAN FLOW AKADEMIK PADA
PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI KECERDASAN INTELEKTUAL
SUPERIOR DI SMAN 1 MARTAPURA
Dwi Retno Puspita
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan task commitment
dengan flow akademik pada peserta didik yang memiliki kecerdasan intelektual
superior di SMAN 1 Martapura. Responden dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI yang memiliki kecerdasan intelektual superior berjumlah 58 siswa.
Metode pengumpulan data menggunakan skala likert dengan empat pilihan respon
yang terdiri dari skala task commitment dan flow akademik. Metode analisis data
menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian
menunjukkan hubungan antara task commitment dengan flow akademik pada
peserta didik yang memiliki kecerdasan intelektual superior di SMAN 1
Martapura memiliki korelasi 0,788 (p<0,05). Nilai ini menunjukkan bahwa
terdapat hubungan signifikan yang kuat dan positif antara kedua variabel, artinya
semakin tinggi task commitment maka semakin tinggi flow akademik, sebaliknya
semakin rendah flow akademik maka semakin rendah task commitment.
Sumbangan efektif task commitment terhadap flow akademik sebesar 62,1%
sedangkan 37,9% sisanya adalah sumbangan dari variabel-variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : task commitment, flow akademik, peserta didik yang memiliki
kecerdasan intelektual superior.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI