DIGITAL LIBRARY



JUDUL:OPTIMALISASI DAN STRATEGI PENYEDIAAN AIR MINUM PT. AIR MINUM INTAN BANJAR (PERSERODA) WILAYAH PELAYANAN GAMBUT
PENGARANG:AGUNG JANUARIANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-16


PT. Air Minum Intan Banjar (Perseroda) sebagai pengelola air minum dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan air minum masyarakat di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar baik secara kualitas, kuantitas maupun kontinuitas. Kebutuhan air minum dapat terpenuhi jika tersedia sistem penyediaan air minum yang optimal. maka perlu dilakukan kajian optimalisasi dan strategi penyediaan air minum PT. Air Minum Intan Banjar Wilayah Pelayanan Gambut.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalisasi dan merumuskan strategi penyediaan air minum dalam memastikan terpenuhinya kebutuhan air minum masyarakat yang masuk dalam wilayah pelayanan Gambut PT. Air Minum Intan Banjar (Perseroda).

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan pengumpulan data primer dan sekunder dengan cara observasi, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Tempat penelitian adalah PT. Air Minum Intan Banjar (Perseroda) wilayah pelayanan Gambut.

Hasil penelitian menunjukan pada saat kondisi existing dan pengembangan pelayanan, sistem penyediaan air minum belum optimal, untuk itu diperlukan langkah optimalisasi dan strategi penyediaan air minum agar kebutuhan air minum masyarakat yang masuk dalam wilayah pelayanan Gambut PT. Air Minum Intan Banjar (Perseroda) dapat terpenuhi. Optimalisasi dapat dilakukan dengan melaksanakan penurunan jumlah kebocoran, penambahan suplai air ke pelanggan, memodifikasi jaringan pipa dengan menambah tekanan pada titik koneksi dan merubah diameter pipa serta merubah dimensi/ukuran Booster Gambut. Strategi penyediaan air minum dapat dilakukan dengan menjaga kontinuitas suplai air existing, pengendalian kebocoran, memodifikasi sistem jaringan pipa dan melaksanakan pencucian pipa secara berkala serta penambahan suplai air ke pelanggan saat dilakukan pengembangan pelayanan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI