DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRUKTUR KOMUNITAS DAN HUBUNGAN TUTUPAN KANOPI MANGROVE MENGGUNAKAN METODE HEMISPHERICAL PHOTOGRAPHY TERHADAP PARAMETER KUALITAS AIR DI PESISIR DESA TABANIO KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:INDRI MALINDA RAIHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-16


INDRI MALINDA RAIHAN (1910716320003). Struktur Komunitas dan Hubungan Tutupan Kanopi Mangrove Menggunakan Metode Hemispherical Photography Terhadap Parameter Kualitas Air di Pesisir Desa Tabanio Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan di bawah bimbingan Dr. Frans Tony S.Pi, M.P selaku ketua pembimbing dan Yuliyanto, S.T., M.Si. selaku anggota pembimbing.

          Desa Tabanio terletak di Kecamatan Takisung Kalimantan Selatan di mana faktor-faktor seperti angin, hujan, dan pemangsaan serasah oleh organisme laut memiliki dampak yang signifikan terhadap keadaan mangrove di Kecamatan Takisung. Selain itu, lingkungan sekitar mangrove juga dipengaruhi oleh karakteristik fisika dan kimia perairan, serta faktor biologi mangrove seperti jenis, kerapatan, dan persentase tutupan. Bentuk pertumbuhan, stratifikasi dan penutupan adalah tiga komponen dasar struktur. Konfigurasi dan ukuran populasi suatu komunitas tumbuhan disebut sebagai komposisi vegetasi. Iklim dan kondisi tanah adalah dua contoh elemen lingkungan yang mempengaruhi habitat vegetasi tumbuhdan bagaimana vegetasi itu tersusun dan terstruktur. Kanopi, juga dikenal sebagai kanopi pohon, adalah situasi yang diciptakan oleh saling terkaitnya dahan dan daun pohon. Teknik fotografi yang disebut hemispherical photography digunakan untuk memotret topografi hutan terestrial atau mangrove. Cara pengambilan gambar lain untuk mengukur tutupan kanopi pohon adalah fotografi tertutup, yang tidak menggunakan lensa fisheye dan lebih berkonsentrasi pada pemeriksaan karakteristik kanopi seperti indeks luas daun-daun. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui struktur komunitas mangrove, persentase tutupan kanopi dengan metodehemispherical photography, kualitas air mangrove dan hubungan antara tutupan kanopi mangrove dengan kualitas air.

            Penelitian ini menggunakan metode transek untuk pengambilan data struktur mangrove dan tutupan kanopi mangrove. Analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan metode Bengen (2002), kualitas air insitu, ImageJ serta analisis hubungan menggunakan analisis PCA (Principal Component Analysis). Hasil dari penelitian ini yaitu jenis mangrove yang ditemukan di Pesisir Tabanio Kabupaten Tanah Laut yaitu Acanthus ilicifolius, Avicennia alba, Nypa fruticans, Rhizophora mucronata, Sonneratia alba, dan Sonneratia caseolaris. Persentase tutupan kanopi dengan Metode hemispherical photography pada lokasi penelitian adalah kriteria sedang hingga sangat padat. Kualitas air di Pesisir Tabanio Kabupaten Tanah Laut pada seluruh stasiun masih memenuhi baku mutu biota mangrove. Tutupan kanopi berkorelasi positif dengan parameter kualitas air DO dan substrat serta berkorelasi negatif dengan kualitas air suhu, pH, dan salinitas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI