DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI KELIMPAHAN, KEANEKARAGAMAN DAN SUBSTRAT GASTROPODA PADA EKOSISTEM MANGROVE DI WILAYAH PT ARUTMIN INDONESIA TAMBANG KINTAP DESA MEKARSARI KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:tilawatil kuran
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-16


TILAWATIL KURAN (1810716120001), Studi Kelimpahan, Keanekaragaman dan Substrat Gastropoda pada Ekosistem Mangrove di Wilayah PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap  Desa Mekarsari Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan dibawah bimbingan Prof. Dr.Ir. M. Ahsin Rifa’i, M.Si., selaku pembimbing utama dan Dr. Frans Tony, S.Pi., MP., selaku anggota pembimbing.

              Hutan Mangrove di wilayah PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap merupakan ekosistem baru yang sebelumnya kawasan tersebut tambak yang terbengkalai dengan seiring berjalannya waktu tumbuhlah mangrove yang dipicu beberapa faktor serta kondisi lingkungan yang mempengaruhi mangrove tumbuh. Banyak hal yang mempengaruhi seperti adanya biota mangrove yang hidup, substrat dan kondisi perairan yang seimbang.

              Penelitian ini dilakasanakan di Wilayah PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap  Desa Mekarsari Kabupaten Tanah Laut dengan waktu penelitian dari bulan Maret 2022 – Mei 2023. Pengambilan sampel dilakukan pada 3 stasiun pengamatan yang ditentukan dengan metode Purposive sampling. Stasiun pengamatan berada pada tiga titik yang berbeda dengan berurutan dari stasiun 1 sampai 3 di bagian hilir, tengah dan hulu. Pengambilan sampel substrat yaitu 3 plot dengan luas 10  10 m setiap stasiunnya dengan menggunakan pipa paralon sedangkan pengambilan sampel gastropoda menggunakan metode transek yang berukuran 1   1 m dengan membentagkan 5 titik transek pada setiap plot substrat.

              Analisis struktur komunitas Gastropoda meliputi indeks Kelimpahan dan indeks Keanekaragaman yang dilengkapi dengan nilai kriteria pada perhitungannya dan indeks kelimpahan hanya melihat dari hasil tinggi rendahnya komunitas dari perhitungan. Analisis substrat menggunakan Tools Gradistrat dengan menginput ukuran butir susbtrat dari proses pengayakan lalu didapatkan jenis substrat. Sedangkan analisis hubungan kelimpahan Gastropoda dengan Substrat yaitu menggunakan regresi linier.

              Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

1.    Indeks Keanekaragaman Gastropoda seluruh stasiun penelitian masuk kategori sedang dengan skor 1 ≤ H’ ≤ 3. Sedangkan kelimpahan tertinggi terdapat pada stasiun 2 dengan nilai 0,68 dan kelimpahan terendah terdapat pada stasiun 3 dengan nilai 0,58.

2.    Hasil identifikasi substrat Mangrove dengan menggunakan metode pengayakan dan analisis Tools Gradistat didapatakan jenis susbtrat yang sama pada seluruh stasiun penelitian yaitu, Lumpur Bepasir sedikit Kerikil.

Hasil analisis korelasi antara substrat dengan Kelimpahan Gastropoda didapatkan hubungan substrat kerikil dan lumpur dengan kelimpahan Gastropoda memiliki hubungan negatif setiap naiknya substrat kerikil dan lumpur (X) mengakibatkan kelimpahan Gastropoda (Y) semakin rendah, sedangkan hubungan substrat pasir dengan kelimpahan Gastropoda memiliki hubungan positif setiap naiknya substrat pasir (X) mengakibatkan kelimpahan Gastropoda (Y) semakin naik juga. Kelimpahan Gastropoda memiliki hubungan yang sangat tinggi dengan substrat kerikil, pasir dan lumpur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI