DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MEDIA "YOUTUBE" PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII SMAN 7 BANJARMASIN
PENGARANG:LUTHFIA RAHMA MEZIHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-16


ABSTRAK

 

 

Meziha, Luthfia Rahma. 2023. Penerapan Media “Youtube” Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII SMAN 7 Banjarmasin. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sabhan, M.Pd.; (II) Ahsani Taqwiem, M.Pd.

 

Kata kunci: penerapan, media Youtube, Bahasa Indoneisa

 

Media yang digunakan pada pembelajaran sangat berpengaruh terhadap proses tercapainya tujuan pembelajaran. Beragam media digunakan sebagai alat penunjang pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Media yang sering digunakan ialah media Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Youtube pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 7 Banjarmasin.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian ini ialah rekaman guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Sumber data penelitian ini ialah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 34 peserta didik Kelas XII-IPS-1 di SMAN 7 Banjarmasin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Youtube pada pembelajaran Bahasa Indonesia berhasil. Hal tersebut terbukti dari proses persiapan guru dalam pembelajaran sudah terlaksana dengan baik. Dapat diketahui dengan melihat keaktifan peserta didik di dalam kelas, peserta didik menjawab pertanyaan dari guru, memerhatikan video, dan pemahaman pembelajaran lebih meningkat. Selain itu, juga dapat dilihat dari kerajinan peserta didik mengerjakan tugas, dan nilai harian. Kedua nilai tersebut telah mencapai nilai rata-rata 74,17 untuk nilai tugas dan 84 untuk nilai harian. Untuk lebih meningkatkan pemahaman peserta didik, guru dapat memerhatikan pemilihan video yang akan digunakan agar sesuai dengan materi pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI