DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SITI FATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-16


ABSTRAKSI

Siti Fatimah (2023), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Dampak Pembiayaan Perbankan Syariah pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kalimantan Selatan. Indikator yang digunakan adalah pembiayaan modal kerja perbankan syariah UMKM, pembiayaan investasi perbankan syariah UMKM dan tenaga kerja sebagai variabel kontrol. Analisis data menggunakan data bulanan yang dipublikasikan oleh Otoritas Jasa Keuangan periode 2016-2022 dan Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan periode 2016-2022 dan diinterpolasikan dalam data bulanan. Teknik analisis menggunakan model analisis regresi linear berganda.

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pembiayaan modal kerja perbankan syariah UMKM memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, pembiayaan investasi UMKM memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi sedangkan variabel tenaga kerja memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Kata Kunci: Pembiayaan Modal Kerja Perbankan Syariah UMKM; Pembiayaan Investasi Perbankan Syariah UMKM; Tenaga Kerja; Pertumbuhan Ekonomi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI