DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERILAKU SOSIAL DAN PERILAKU MENYIMPANG PEMAIN ROLEPLAYER DALAM DUNIA MAYA DAN DUNIA NYATA (STUDI DI KOTA BANJARMASIN)
PENGARANG:WIWIT HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-17


Wiwit Hasanah,  2023.   Perilaku   Sosial   dan   Perilaku    Menyimpang    Pemain 

Roleplayer dalam Dunia Maya dan Dunia Nyata (Studi di Kota Banjarmasin). Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Rahmat Nur.

 

Kata Kunci: Perilaku Sosial, Roleplayer, Dunia Maya, Perilaku Menyimpang

Permainan roleplayer dalam dunia maya merupakan tempat seseorang bermain dengan bebas untuk menjadi siapapun. Bermain roleplayer membutuhkan alat komunikasi berupa media sosial yang digunakan sebagai wadah berkumpulnya para pemain roleplayer melakukan interaksi di dunia maya, interaksi ini akan membentuk perilaku sosial, dimana dalam perilaku sosial perhatiannya dipusatkan pada (1) bagaimana perilaku sosial dan perilaku menyimpang antara pemain roleplayer di dunia maya, (2) bagaimana perilaku sosial dan perilaku menyimpang antara pemain roleplayer di dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan analisis Perilaku Sosial dan Perilaku Menyimpang Pemain Roleplayer dalam Dunia Maya dan Dunia Nyata (Studi di Kota Banjarmasin).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Sumber data dipilih dengan taknik purposive sampling dan informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku sosial dan perilaku menyimpang pemain roleplayer dalam dunia maya dan dunia nyata (studi di kota Banjarmasin) adalah (1) terdapat 6 perilaku sosial dan 4 perilaku menyimpang yang dilakukan pemain roleplayer di dunia maya, perilaku sosialnya adalah  a) Roleplaying, b) Update Chara, c) Bermain Games, d) Free Call Grup, e) Menghadiri Event, f) Bergabung dalam Grup Besar. Sedangkankan perilaku menyimpangnya adalah  a) Transgender, b) Faker, c) Bullying, d) Merusak nama baik publik figur. (2) terdapat 4 perilaku sosial dan 3 perilaku menyimpang yang dilakukan pemain roleplayer di dunia nyata, perilaku sosialnya adalah a) Sebagai Anggota Cover Dance, b) Mahasiswa dengan Pekerjaan Sampingan, c) Bagian dari Karang Taruna, d) Bekerja. Sedangkan perilaku menyimpangnya adalah  a) Lupa Waktu, b) LGBT, c) Penipuan.

Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan: bagi masyarakat lebih bijak lagi dalam bermain media sosial, jangan menjadi aktor yang menyebabkan kerugian, baik untuk diri sendiri atau pun untuk orang lain. Bagi peneliti selanjutnya disaranan menggunakan teori serta metode yang berbeda.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI