DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL GOOGLE CLASSROOM BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI SMPN 1 DANAU PANGGANG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
PENGARANG:RISKA AINIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-18


PENGEMBANGAN E-MODUL GOOGLE CLASSROOM  BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI SMPN 1 DANAUPANGGANG   PADA  MATERI   PENCEMARAN  LINGKUNGAN (Oleh Riska Ainiyah, Dosen pembimbing Rizky Febriyani Putri dan Sauqina, 2023, 83 halaman )

ABSTRAK

 

Pada saat ini buku bahan ajar untuk siswa berbentuk cetak memiliki keterbatasan dalam penyajian materi.Supaya bisa mempermudah dan memperkaya masukkan materi yang lebih praktis dan ringkas maka diperlukan media pembelajaran dalam bentuk e-modul yang dibuat dan kembangkan sendiri atau dari e-modul yang sudah tersedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan  tingkat validitas e-modul IPA sebagai media belajar materi pencemaran lingkungan untuk siswa kelas VII.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Danau Panggang pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Adapun sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Danau Panggang pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 orang. Analisis data dilakukan melalui uji validitas media oleh validator untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Kepraktisan media pembelajaran dilihat dari hasil angket respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan   e-modul menunjukkan bahwa penilaian  dari ahli materi dan ahli media diperoleh validitas rata-rata 0,84 dengan kriteriasangat layak, maka pengembangan e-modul ini disimpulkan sangat layak untuk digunakan. Kepraktisan angket respon peserta didik diperoleh rata-rata 80,15% dengan kriteriasangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan e-modul IPAkelas VII sebagai media belajar padamateri pencemaran lingkungan adalah sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan.

 

Text Box: ivKata Kunci :Pengembangan, E-modul,  Media, PjBL dan Pencemaran Lingkungan

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI