DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Perbedaan Umpan Terhadap Hasil Tangkapan Rakkang (Stick Dip Nets) Di Perairan Laut Desa Bawah Layung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:LIA NOR AIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-18


Lia Nor Aida Program Studi Perikanan Tangkap, Analisis Perbedaan Umpan Terhadap Hasil Tangkapan Rakkang (Stick Dip Nets) Di Perairan Laut Desa Bawah Layung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan di bawah bimbingan Ir. Iriansyah, M. Si., sebagai ketua pembimbing dan Ahmadi, S.Pi., M.Sc., Ph.D. sebagai anggota pembimbing.

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik, menganalisis komposisi dan proporsi hasil tangkapan dan menganalisis pengaruh penggunaan umpan yg berbeda terhadap hasil tangkapan rakkang di Desa Bawah Layung Kabupaten Tanah Laut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah percobaan di lapangan (eksperimental fishing) dengan rancangan acak kelompok (RAK) kemudian dianalisis menggunakan analisis sidik ragam atau analysis of variance (ANOVA). Berdasarkan hasil penelitian rakkang terdiri dari 7 bagian yaitu dinding jaring, rangka, pintu, penjepit umpan, tongkat, tali pengikat dan cincin penyangga. Komposisi dan proporsi hasil tangkapan rakkang adalah kepiting bakau hijau (Scylla paramamosain) 80,25 % dan kepiting bakau hitam (Scylla traquebarica) 19,74%. Umpan yang digunakan adalah kepiting kecil dan rucah. Umpan Kepiting kecil memperoleh 139 ekor sedangkan umpan rucah memperoleh 94 ekor, dapat ditarik kesimpulan bahwa secara perlakuan berpengaruh sangat nyata terhadap hasil tangkapan.

Kata kunci: Rakkang, Perbedaan umpan, Desa Bawah Layung

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI