DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGENDALIAN POTENSI BAHAYA KERJA DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) PADA KEGIATAN PEMINDAHAN OVERBURDEN DI PT ANGSANA JAYA ENERGI DESA MAKMUR KECAMATAN ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ALIFASARI HIQMATUL IMANIAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-18


PENGENDALIAN POTENSI BAHAYA KERJA DENGAN

METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) PADA KEGIATAN

 PEMINDAHAN OVERBURDEN DI PT ANGSANA JAYA ENERGI

DESA MAKMUR KECAMATAN ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU

 KALIMANTAN SELATAN

Alifasari Hiqmatul Imaniar

Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Lambung Mangkurat

ABSTRAK

 

 

Keselamatan dan kesehatan kerjamerupakan daya upaya yang terencana untuk mencegah terjadinya musibah kecelakaan dan penyakit yang timbul akibat kerja. Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan hal yang penting dan perlu diperhatikan oleh pihak perusahaan, karena dengan adanya jaminan keselamatan dan kesehatan kerja kinerja karyawan akan lebih meningkat.

Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data yang dimana data tersebut berupa aktivitas overburden, lalu dilakukan identifikasi potensi bahaya dan risiko yang mungkin terjadi, selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA). Kemudian langkah terakhir yaitu menentukan rekomendasi pengendalian risiko.

Berdasarkan dari hasil pengambilan data dilapangan, maka potensi bahaya yang dapat terjadi pada aktivitas pemindahan overburden diloading point yaitu unit dapat menabrak mundur pada saat manuver, bersenggolan pada unit yang lewat, menabrak unit lain yang akan memasuki area loading point bahkan dapat terguling kekanan ataupun kekiri akibat material tanah yang lembek. Potensi bahaya yang dapat terjadi pada aktivitas pemindahan overburden di hauling adalah tertabrak, dapat terguling kekanan ataupun kekikiri, dan menabrak unit lain yang sedang melintas diarea hauling. Potensi bahaya yang dapat terjadi pada aktivitas pemindahan overburden di dumping point adalah, material overburden dapat terlempar ke luar vessel mengenai pekerja di sekeliling area front dumping, unit dapat terguling kekiri atau kekanan.

Kata-kata Kunci : Job Safety Analysis, K3, Overburden

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI