DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI PREVALENSI TINGKAT MORTALITAS DAN CARA PENANGANAN PENYAKIT PULLORUM PADA PETERNAKAN AYAM DAN ITIK DI KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:KOLIS WAHANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-19


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kejadian penyakit (prevalensi) pullorum yang terjadi pada ternak ayam dan itik di Kabupaten Banjar. Mengetahui tingkat mortalitas ayam dan itik akibat penyakit pullorum yang terjadi di peternak di Kabupaten Banjar.Mengetahui cara pencegahan dan penanganan penyakit pullorumpada ternak ayam dan itik yang dilakukan di Kabupaten Banjar. Penelitian mengunakan Metode survei. Data penelitian terdiri dari Data Primer dan Data Skunder. Pengumpulan data primer dilakukan melalui pengamatan langsung, serta wawancara menggunakan kuisoner dengan peternak dan petugas penyuluh lapangan (PPL) setempat di Kecamatan Simpang Empat, di Desa Sungkai, Desa Paku dan Desa Simpag Empat. Sementara itu, data sekunder di dapat dari laporan bulanan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar, serta laporan terkait lainnya yang ada di instansi lainya.

                Berdasarkan hasil penelitian diketahui prevalensi penyakit Pullorum di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar pada tahun 2023 sebesar 3,63%, mortalitas penyakit Pullorum di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar pada tahun 2023 sebesar 1,84% dan penanganan penyakit Pullorumdengan melakukan sanitasi kandang dan pemberian obat menggunakan ekstrak kunyit dan bawang putih.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI