DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Komparasi Produktivitas Tukang Keramik Pada Proyek Kontruksi Di Martapura
PENGARANG:NURMAYLINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-19


 

Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar yang tentunya mempunyai sumber daya manusia yang potensial untuk dikembangkan dalam hal ini tukang selalu berperan aktif dan dominan. Kunci dari peningkatan kinerja tukang adalah penggunaan tenaga kerja yang efektif dan terarah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi terhadap produktivitas tukang keramik pada proyek konstruksi di Martapura dan perbandingan nilai produktivitas pada pekerjaan pemasangan keramik pada proyek konstruksi di Martapura.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer meliputi wawancara, observasi dan kuesioner. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode analisis deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik pengisian kuesioner dan wawancara dengan jumlah responden 10 orang.

Faktor yang mempengaruhi terhadap produktivitas tukang keramik pada proyek konstruksi di Martapura  yang didapatkan dari hasil pengisian kuisioner adalah sarana dan waktu jeda istirahat. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa proyek 1 memiliki nilai produktivitas kelompok dan peroranganan yang paling tinggi. Sedangkan dengan perhitungan LUR menyatakan bahwa proyek 2 lebih produktif. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan luasan pekerjaan dan waktu menganggur. Jadi, semakin besar nilai produktivitasnya maka semakin cepat dan efisien pula pengerjaannya.

 

Kata Kunci: LUR, Produktivitas, Tukang Keramik, Faktor Pengaruh.

 

 

 


 

ABSTRACT

With such a sizable population, Indonesia undoubtedly has human resources with the potential to be improved. Carpenters always take an active and prominent position in this situation. Using an efficient and focused workforce is essential to enhancing a worker's performance. Consequently, the purpose of this study is to identify the variables that affect the productivity of ceramics in Martapura building projects and to compare the productivity of tile installation work in Martapura construction projects.

Primary data are gathered through questionnaires, observations, and interviews, whereas secondary data come from a handyman's jobdesk. A descriptive analytic strategy was employed in this investigation. By asking 10 respondents questions and conducting interviews with them, data was gathered.

According to the questionnaire's results, facilities and rest intervals are factors that affect the productivity of ceramists working on building projects in Martapura. A team's efficiency can be determined by looking at the percentage of its members whose utility factor has a LUR value greater than 50%. 3.691 m2/hour and 5.906 m2/hour, respectively, are the greatest group and individual productivity values for Project 1 according to the observers' findings. Project 2 is more productive than Project 1 according to the LUR calculation, which shows a value of 68.44% > 50%. Differences in the type of work and downtime are to blame for this. Hence, the procedure will be quicker and more effective the higher the productivity value. 

 

Keywords: LUR, productivity, ceramics, influence factors.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI