DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRODUKTIVITAS LUNTA (CAST NET) DI PERAIRAN DESA BILAS KECAMATAN UPAU KABUPATEN TABALONG PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:LISNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-19




ABSTRAK

Lisnawati Progam Studi Perikanan Tangkap, Produktivitas Lunta (Cast Net) di Perairan Desa Bilas Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimatan Selatan di bawah bimbingan Ahmadi, S.Pi., M.Sc., P.hD, sebagai ketua pembimbing dan Dr. Erwin Rosadi, S.Pi., M.Si, sebagai anggota pembimbing.

 

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik alat tangkap lunta yang digunakan dalam penelitian, menganalisis Cacth per Unit Effort (CPUE) lunta di lokasi penelitian, menganalisis komposisi dan proporsi hasil tangkapan lunta, sertamenganalisis produktivitas lunta di Desa Bilas Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dan ikut serta dalam pengoperasian lunta sebanyak 10 trip. Hasil penelitian ini menunjukkan komponen alat tangkap lunta di Desa Bilas yaitu terdiri dari badan jaring berbahan polyamide (PA) dengan panjang 2,11 m, mulut lunta berdiameter 2 m, pemberat berjumlah 585 buah dengan berat 1,378 kg, dan tali penarik berbahan polyethylene (PE) dengan panjang 4 m. Nilai hasil tangkapan per unit usaha (CPUE) lunta di Desa Bilas berkisar 6,32-20,84 g/hauling. Komposisi dan proporsi alat tangkap lunta didominasi oleh Ikan Nilem sebanyak 166 ekor (41,60%), sedangkan ikan yang paling sedikit tertangkap yaitu ikan Gabus sebanyak 2 ekor (0,50%). Produktivitas lunta di Desa Bilas berkisar 2,08- 6,75 g/menit. Nilai produktivitas rata-rata cenderung lebih rendah yaitu 4.14 g/menit dari pada nilai CPUE rata-rata yaitu 11,71 g/hauling. 



Kata kunci: Produktivitas,CPUE, Komposisi, Proporsi, Lunta

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI