DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENATAAN KAWASAN WISATA PANTAI TABANIO KECAMATAN TAKISUNG KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Nurul Maghfirah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-19


NURUL MAGHFIRAH (1810716220005). Penataan Kawasan Wisata Pantai Tabanio, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, dibimbing oleh Baharuddin, S.Kel., M.Si sebagai Ketua Pembimbingdan Ira Puspita Dewi, S.Kel., M.Si sebagai Anggota Pembimbing.

Pariwisata adalah kegiatan wisata yang didukung dengan berbagai fasilitas dan layanan yang telah disediakan oleh Pemerintah Daerah, Pemerintah, Pengusaha maupun Masyarakat yang memiliki dampak positif untuk ekonomi daerah. Wisata memiliki banyak jenis, salah satunya adalah wisata alam yang saat ini tengah dikembangkan yaitu wisata Pantai Tabanio yang terletak di Desa Tabanio, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Berdasarkan perencanaan RZWP3K (Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil) Pantai Tabanio diusulkan menjadi kawasan wisata pantai. Sedangkan kondisi sarana prasarananya masih belum maksimal dan atraksi wisata yang ditawarkan masih sedikit, hal tersebut tentunya dapat menurunkan daya tarik wisata yang berdampak pada penurunan jumlah kunjungan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menata atraksi wisata dan sarana prasarana pada kawasan wisata Pantai Tabanio berdasarkan potensi objek, karakteristik wilayah dan perspektif pengunjung dan pengelola.

Data yang dikumpulkan adalah data sekunder yang terdiri dari data topografi, kedalaman dan lebar pantai. Data primer terdiri dari substrat, sarana prasarana, aksesibilitas, kebersihan, keragaman atraksi wisata dan penggunaan lahan yang diambil dengan pengamatan langsung dan pengambilan titik gcp, data analisis perspektif diambil dengan melakukan wawancara. Lalu data diinput, diinterpolasi dan dibuat dalam bentuk peta tematik, sedangkan data hasil perpektif ditabulasi dalam bentuk diagram. Selanjutnya melakukan penataan berdasarkan kelengkapan, kelayakan maupun kenyamanan yang harus ada dalam suatu wisata yang berpedoman pada beberapa peaturan/literatur yang ditetapkan.

Berdasarkan kondisi karakteristik wilayah dan hasil analisis kesesuaian, atraksi wisata Pantai Tabanio diperuntukkan menjadi 3 peruntukan ruang atraksi, yaitu something to see adalah sesuatu yang dapat dilihat dengan luas peruntukan lahan 4,74 ha yang terbagi sebagai atraksi wisata melihat sunset dan panorama pantai, melihat atraksi kesenian, melihat pangkalan perahu nelayan dan melihat area terbuka hijau. Something to do adalah sesuatu yang dapat dilakukan dengan luas peruntukan lahan 9,72 ha yang terbagi sebagai atraksi berenang/bermain air, bermain pasir, susur pantai, bermain voli/bola pantai, berkemah, berfoto, bermain di play ground dan kolam bebek-bebekan, berjalan-jalan dan bermain sepeda. Something to buy adalah sesuatu yang dapat dibeli dengan luas peruntukan lahan 0,21 ha, yang terbagi sebagai atraksi membeli makan dan minum, membeli cinderamata dan oleh-oleh.

Sedangkan sarana prasarana yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan berdasarkan peraturan, studi literatur dan kondisi eksisting terdiri dari loket tiket masuk, pusat informasi pariwisata, area parkir, pos keamanaan, toilet, musholla, pendopo, menara pandang, TPS, tempat sampah, penyewaan pelampung dan tenda dengan luas peruntukan lahan 0,57 ha.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI