DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN STAKEHOLDER DALAM PENGEMBANGAN TANAMAN RAMBAI PADI (SONNERATIA CASEOLARIS) DI DESA ANJIR SERAPAT MUARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MUHAMMAD GHIFAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-19


Muhammad Ghifar. 2023. Peran Stakeholder dalam Pengembangan Tanaman Rambai Padi (Sonneratia Caseolaris) di Desa Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Dr. Ismi Rajiani S. Pd, M.M. Pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M. Pd.

 

Pengembangan tanaman Rambai Padi di desa Anjir Serapat Muara memiliki hubungan dan Keterkaitan dengan Stakeholder yang disebut sebagai pemangku kepentingan. Permasalahan lingkungan terkhusus pada Kawasan yang berada di pinggiran sungai tidak bisa terlepas dari masalah abrasi,hilangnya sumber pakan Bekantan (Maskot Kalimantan Selatan) dan juga berkurangnya hasil tangkapan nelayan dikarenakan rusaknya habitat ikan akibat gundulnya hutan mangrove di Kawasan pesisir.

Adanya pengembangan tanaman Rambai Padi dilakukan untuk mengurangi permasalahan abrasi pesisir sungai Barito dan juga menambah pendapatan nelayan. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengembangan tanaman Rambai Padi di Desa Anjir Serapat Muara Kabupaten Barito Kuala, (2) Untuk mengetahui peran Stakeholder dalam pengembangan tanaman Rambai Padi di Desa Anjir Serapat Muara Kabupaten Barito Kuala, (3) Untuk mengetahui keterkaitan peran Stakeholder dalam pengembangan tanaman Rambai Padi dengan sumber belajar IPS.

Pendekatanyang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, representasi data dan selanjutnya verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan uji Credibility, Transferbility, dependability dan Confirmability.

Hasil penelitian menunjukan bahwa tanaman Rambai Padi terdapat di desa Anjir Serapat Muara tepatnya di kawasan Mangrove Rambai Center. Terdapat peran Stakeholder dalam pengembangan tanaman Rambai Padi di desa Anjir Serapat Muara yakni peran Pemerintah desa sebagai Stakeholder utama/kunci yakni memberikan izin dan dukungan berupa fasilitas, peran Pokdarwis Sebagai Stakeholder primer yakni melakukan upaya pembibitan dan dukungan terhadap pemerintah desa dalam hal memfasilitasi, serta Peran Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) sebagai Stakeholder Sekunder yakni melakukan kegiatan pelestarian dan penanaman serta 3 E (Education, Enligted and Empower). Kerjasama antar Stakeholder ini memberikan keuntungan dalam pengembangan tanaman Rambai Padi. Penelitian ini dapat dikaitkan dengan sumber belajar IPS SMP kelas VII pada materi lembaga sosial.

Simpulan pada penelitian ini yakni di Desa Anjir Serapat Muara terdapat peran Stakeholder dalam pengembangan tanaman Rambai Padi yang dilakukan oleh pemerintah desa, pokdarwis dan yayasan SBI, peran Kerjasama Stakeholder ini dapat dikaitkan dengan materi lembaga sosial pada mata pelajaran IPS SMP kelas VII sehingga bisadigunakan sebagai sumber belajar IPS.

Kata Kunci: Stakeholder, Rambai Padi, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI