DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP BELANJA MODAL (Studi Empiris Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018-2021)
PENGARANG:RISMA HAPSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-19


Risma Hapsari, (2023) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Modal pada Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018-2021. Pembimbing: Dr. Sarwani, SE., M.Si, Ak, CA, CPA

            Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Modal. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Belanja Modal.

            Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dari 11 Kabupaten dan 2 Kota di Provinsi Kalimantan Selatan sehingga total populasi menjadi 13 data. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS versi 25.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Khusus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Modal. Dana Alokasi Khusus berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Belanja Modal. Implikasi praktis dari penelitian ini diharapkan pemerintah dapat mengoptimalkan upaya intensifikasi dan ekstensifikasi yaitu dengan cara melakukan mendataan ulang terhadap wajib pajak dalam rangka meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari Lain-Lain PAD yang Sah.

 

Kata kunci: Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Belanja Modal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI