DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS STABILITAS LERENG JALAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE SLOPE MASS RATING (SMR) (Studi Kasus Jalan Negara Km 133 sampai 139, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur)
PENGARANG:MUHAMMAD JAWAD
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-12-20


ABSTRAK
ANALISIS STABILITAS LERENG JALAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE SLOPE MASS RATING
(Studi Kasus Jalan Negara Km 133 sampai 139, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur)
MUHAMMAD JAWAD
NIM: H1C113069
Stabilitas lereng adalah satu objek yang penting dan telah menjadi fokus banyak peneliti di bidang geomekanika dan geoteknik. Jalan raya merupakan objek vital yang memegang peran penting dalam bidang transportasi, jaringan publik, dan semua aktivitas sosial ekonomi. Lereng jalan adalah salah satu jenis lereng hasil bentukan manusia. Seperti lereng lainnya, lereng jalan berpotensi mengalami ketidakstabilan. Lereng yang tidak stabil dapat dikategorikan sebagai suatu bahaya karena memiliki resiko berupa potensi terjadinya longsor. Longsor menjadi sebuah bencana (accident) apabila menyebabkan kerugian atau memakan korban. Karena itu sangat penting untuk mengetahui tingkat stabilitas suatu lereng, mengetahui potensi longsor yang mungkin terjadi, sampai menentukan sistem penanganan yang tepat.
Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode Slope Mass Rating (SMR). SMR merupakan metode analisis stabilitas lereng yang cepat dan ekonomis namun tetap mempertimbangkan struktur geologi dan kelas massa batuan. Penelitian ini dilakukan pada 7 lereng (L-1 sampai L-7) yang berada di sepanjang Jalan Negara km 133-139, di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur.
Dari tujuh titik lokasi penelitian, teridentifikasi SMR lereng L-2 tergolong dalam kelas II (stabil) berpotensi terjadi blok batuan jatuh. Sedangkan L-1, L-3, L-4, L-5, L-6, dan L-7 yang tergolong dalam kelas III (stabil sebagian) memungkinkan terjadinya longsor berupa longsoran baji.
Kata Kunci: Longsoran, Slope Mass Rating, Stabilitas Lereng Jalan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI