DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Desain Area Dermaga Apung sebagai Penunjang Wisata di Banua Anyar Banjarmasin
PENGARANG:NOORUDIEN DWI RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-20


Letak geografis siring sungai Martapura di Kelurahan Banua Anyar cukup strategis, terlebih lagi kawasan ini sebagai salah satu kawasan wisata di Banjarmasin yang juga sebagai sasaran pengembangan kawasan wisata oleh Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Selatan dalam program Sungai Martapura Asri. Namun sekarang ini kurang pengawasan dan perawatan, sehingga mengakibatkan banyak permasalahan sungai dan fasilitas umum yang kurang berfungsi dengan baik pada area tempat wisata kuliner di Sungai Martapura. Fasilitas yang ada dinilai belum ada untuk menyelesaikan permasalahan sungai dan kurang memenuhi kebutuhan pengunjung, sehingga dengan desain fasilitas penunjang sungai wisata agar dapat memenuhi kebutuhan pengunjung.

     Penulisan bertujuan untuk merancang desain dermaga apung pada lokasi pusat akses sungai di bantaran sungai Martapura di Kelurahan Banua Anyar. Melalui survei pengamatan langsung dan dokumentasi pada lokasi desain dermaga sebagai landasan perancangan.  Pendekatan yang diterapkan adalah arsitektur yang ramah lingkungan (Green Architecture) dengan eco enzim sebagai media campuran pada limbah sungai sekitar dermaga. Perancang di fokuskan dalam wujud fungsional dan kekuatan structural tanggap bencana pada lahan air sungai sehingga dapat lebih mudah implementasikan desain rancangan yang sesuai dengan permasalahan sungai area sekitar. 

     Hasil penulisan ini merumuskan konsep tumpang tindih dari fungsi fasilitas umum antara permasalahan mengatasi kepadatan jalur askes darat dan pencemaran lingkungan akibat limbah warga sekitar. Fasilitas yang direncanakan antara lain: 1) Dermaga Apung sebagai luasan area dari fungsi  utama tepi sungai; 2) Menyediakan fasilitas ruang untuk sarana mencuci pakaian sekaligus wc umum ramah lingkungan; 3) Mengembangkan dan meningkatkan area sekitar pada site dengan memperbarui fasilitas lain. 

 

Kata kunci:Kelurahan Banua Anyar, Wisata Kuliner, Fasilitas Umum, Dermaga Apung, lingkungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI