DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN RISIKO BISNIS SEBAGAI VARIABEL MODERASI
PENGARANG:DESSY UTAMI PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-21


Dessy Utami Putri (2023). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen dengan Risiko Bisnis Sebagai Variabel Moderasi. Pembimbing: Doni Stiadi.

            Penelitian ini dilakukan untuk (1) menganalisa pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan dividen; (2) menganalisa pengaruh leverage terhadap kebijakan dividen; (3) menganalisa pengaruh ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen; (4) menganalisa apakah risiko bisnis memoderasi hubungan antara profitabilitas terhadap kebijakan dividen; (5) menganalisa risiko bisnis memoderasi hubungan antara leverage terhadap kebijakan dividen; dan (6) menganalisa apakah risiko bisnis memoderasi hubungan antara ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen.

            Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 43 perusahaan dengan melalui seleksi menggunakan metode purposive sampling menghasilkan 60 data dari 12 perusahaan dengan 5 periode penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Regresi Linear Berganda dan Analisis Regresi Moderasi (MRA).

            Hasil pengujian yang diperoleh dalam penelitian ini ialah leverage berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, sedangkan profitabilitasdan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, serta risiko bisnis tidak dapat memoderasi hubungan antara profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen.

 

Kata Kunci: Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI