DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, AKTIVITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI 2018-2021
PENGARANG:AURELLIA AVISSA ALMAS AJRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-21


ABSTRAKSI

Aurellia Avissa Almas Ajrina (2023). ”Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas Terhadap Profitabilitas  pada Perusahaan Sub Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2021”. Pembimbing: Dra. Hj. Isnawati, MM, CA.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh likuiditas, solvabilitas dan aktivitas terhadap profitabilitas. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini likuiditas, solvabilitas dan aktivitas. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur menggunakan Return On Asset (ROA).

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia/BEI pada periode 2018-2021. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 21 perusahaan berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda melalui program SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, karena ketidak mampuan perusahaan memaksimalkan aset lancar. Solvabilitas berpengaruh terhadap profitabilitas, karena perusahaan dapat memanfaatkan sumber modal dan aset untuk mendapatkan profitabilitas. Aktivitas berpengaruh terhadapprofitabilitas, karena perusahaan mengetahui tingkat efisiensi pemakaian aktiva dalam menghasilkan volume penjualan untuk mendapatkan profitabilitas.

Kata kunci: Profitabilitas,  Likuiditas, Solvabilitas Dan Aktivitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI