DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGUBAH SAMPAH MENJADI REZEKI : ANALISIS ACTORS (AUTHORITY, CONFIDENCE AND COMPETENCE, TRUST, OPPORTUNITIES, RESPONSIBILITIES, SUPPORT) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA PENGELOLAAN SAMPAH
PENGARANG:SAHRUL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-21


ABSTRAK

Sahrul. Mengubah Sampah Menjadi Rezeki : Analisis ACTORS (Authority, Confidence and Competence, Trust, Opportunities, Responsibilities, Support) dalam pemberdayaan masyarakat pada pengelolaan sampah. (Dibimbing oleh    Drs. H. Setia Budhi, M.Si.,Ph.D)

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan Menganalisis ACTORS (Authority, Confidence and Competence, Trust, Opportunities, Responsibilities, Support) serta dampak pada pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Bank Sampah Induk Baiman Kelurahan Alalak Utara Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.

            Hasil penelitian melalui kerangka kerja ACTORS menunjukan bahwa wewenang pengelola dalam membuat keputusan terkait program dan kegiatan di Bank Sampah merupakan wewenang yang tidak bisa di intervensi oleh pemerintah kota Banjarmasin. Melalui kepercayaan yang terjalin dengan baik antara pengelola dan nasabah memberikan peluang kepada nasabah untuk bisa berpartisipasi dalam pelatihan dan pembuatan produk daur ulang. Dengan mengikuti pelatihan dan pembuatan produk daur ulang menghasilkan kemampuan ekonomi. Kesempatan yang diberikan Bank Sampah melalui pelatihan-pelatihan membuat olahan daur ulang sehingga menumbuhkan jiwa kewirausahaan terhadap masyarakat. Dukungan Pemerintah Kota Banjarmasin dalam memberikan fasilitas transportasi untuk menunjang kegiatan angkutan sampah.  Berdasarkan analisis ACTORS tersebut tidak ditemukan poin keyakinan dan tanggung jawab dalam kegiatan dan program pemberdayaan Bank Sampah Induk Baiman Kota Banjarmasin sehingga pemberdayaan yang dilakukan di Bank Sampah Induk Baiman tidak komprehensif. Program yang dilakukan oleh Bank Sampah Induk Baiman berdampak pada masyarakat diantaranya: dampak kesehatan dan lingkungan dari kegiatan memilah, dampak aktivitas memilah dalam kesetaraan gender, dampak ekonomi dan peluang usaha, dampak terkait prinsip 3R, melalui penggunaan kembali sampah.

Kata kunci : Analisis ACTORS, Pemberdayaan Masyarakat, Bank Sampah Induk

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI