DIGITAL LIBRARY



JUDUL: VARIASI PENAMBAHAN KETUMBAR (Coriandrum sativum) DENGAN KONSENTRASI BERBEDA PADA DENDENG IKAN SEPAT SIAM (Trichogasterpectoralis) TERHADAP PENERIMAAN PANELIS
PENGARANG:CHRISTANTO TRI SETIAWAN
PENERBIT:FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN
TANGGAL:2018-12-20


RINGKASAN

       CHRISTANTO TRI SETIAWAN (G1A113204), Variasi Penambahan Ketumbar (Coriandrum sativum) Dengan Konsentrasi berbeda Pada Dendeng Ikan Sepat Siam (Trichogaster pectoralis) Terhadap Penerimaan Panelis. Dibimbing olehIbu Dr. Ir. Hj. Agustina, M.P sebagai Ketua dan Ibu Ir. Rabiatul Adawyah , MP sebagai anggota Pembimbing.                                                            

            Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik bagi tubuh dan mengandung protein antara 16 sampai 20 persen . Tingkat konsumsi protein rata-rata yang diperlukan adalah 46,2 gr/orang/hari. Untuk itu diharapkan protein hewani dapat menyumbang 25 sampai 30 persen atau sama dengan 13 sampai 17 gr/orang/hari .                                                                                   

       Dendeng ikan merupakan makanan tradisional (local) yang dibuat melalu proses pengolahan dan pengawetan. Dendeng ikan ini merupakan produk diversifikasi pengolahan ikan yang merupakan salah satu macam makanan hasil olahan daging ikan secara tradisional, yang tergolong dalam bahan makanan semi basah (intermediate moisture food), dengan kadar air tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah berkisar antara 15-50%.

Ikansepat siam yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Pasar Martapura, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui konsentrasi ketumbar yang optimal terhadap kualitas dendeng ikan sepat siam (Trichogaster pectoralis) dan Mengetahui pengaruh penambahan ketumbar terhadap penerimaan panelis

Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan dari bulan April 2018 sampai dengan Agustus 2018, mulai dari persiapan, penyusunan proposal, pelaksanaan penelitian dan pembuatan laporan. Penelitian pembuatan sampel dan analisis sampel dilaksanakan di Laboratorium Bahan Baku Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, ULM, Laboratorium Organoleptik Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, ULM Laboratorium Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM.

            Parameter penelitian ini adalah organoleptik dan kadar air. Uji Organoleptik spesifikasi Warna, aroma, tekstur, rasa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan dengan penambahan ketumbar 0 %, 2,5%, 5% dan 7,5%.

                   penelitian penambahan ketumbar yang berbeda tidak memberikan pengaruh terhadap uji organoleptik dan uji kadar air sehingga Ho diterima dan H1 ditolak.

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI