DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA DI DESA PADANG KECAMATAN BATI-BATI KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:MUHAMMAD ALFIAN NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-22


ABSTRAK

Muhammad Alfian Noor, D1B115220: “Partisipasi Masyarakat dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Padang Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut”. Di bawah bimbingan Abdurrahman.

 

            Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Padang Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut.        Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu dengan melakukan wawancara secara langsung kepada informan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan mengenai sejauhmana partisipasi masyarakat dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Padang Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut.

Hasil penelitian menunjukanPara Aparat Desa Padang sudah berusaha melakukan transparansi yang sesuai dengan teori Good Governance dalam penyusunan APBDes dengan melibatkan beberapa elemen masyarakat seperti perwakilan dusun dan atau RT/RW serta LPM yang anggotanya kompeten di bidangnya masing-masing sehingga masyarakat dapat bebas mengetahui dan mengawasi penyusunan APBDes, namun kenyataan dilapangan didapat fakta bahwa dalam penyusunan APBDes sendiri masyarakat kurangdiikutsertakan dalam konsultasi publik atau rapat dengar pendapat sehinggamasyarakat kurang paham dengan APBDes yang implikasinya partisipasimasyarakat dalam penyusunan APBDes rendah.LPM harusnya menjadi penggerak dan menumbuhkembangkan partisipasimasyarakat melalui sosialisasi-sosialisasi contohnya pada momen kegiatan keagamaan diyasinan. Tetapi pada kenyataannya LPMtidak pernah memasuki forum keagamaan seperti yang dikatakan oleh anggotaLPM. Jadi berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa LPM tidakmelakukan tugas dan wewenangnya sebagai penggerak danmenumbuhkembangkan partisipasi masyarakat melalui sosialisasi di jamaah yasindengan baik.

Saran yang akan diberikan Peneliti adalah Pemerintah Desa agar daapat meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam rapat atau musyawarahdalam setiap tahap penyusunan APBDes meskipun dalam musyawarahtersebut sudah ada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.

 

Kata Kunci :Partisipasi, Desa Padang, Anggaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI