DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESPONS PETANI TERHADAP PROGRAM AGROSILVOPASTURA DI DESA SEJAHTERA MULIA, KECAMATAN SATUI, TANAH BUMBU
PENGARANG:FARAH YUMNA AZUMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-22


Penerapan program Agrosilvopastura di Desa Sejahtera Mulia, Kecamatan Satui, Tanah Bumbu merupakan salah satu program yang ditangani oleh PT Arutmin Indonesia Site Satui di lahan Fit Antasena dan Fit 4 Mulia untuk mengatasi masalah yang timbul akibat adanya alih fungsi lahan sekaligus untuk mengatasi masalah ketersediaan pangan. Program Agrosilvopastura yang diterapkan oleh PT Arutmin Indonesia Site Satui meliputi beberapa komponen tanaman dan peternakan pada salah satu lahan yang sama, yaitu tanaman kopi, sengon dan sapi pedaging.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons petani penerima terhadap penerapan program Agrosilvopastura di Desa Sejahtera Mulia dengan metode pengambilan sampel menggunakan pendekatan non probability sampling dan teknik accidental sampling serta dianalisis dengan alat ukur skala Likert yang hasilnya diinterpretasi menggunakan analisis deskripsi.
Hasil penelitian menunjukkan respons petani cenderung menyetujui atau termasuk dalam kategori positif dengan total skor 71 dan nilai indeks 59%. Hal ini dibuktikan dengan petani yang telah mampu mengenali dan memahami program secara baik atas dukungan peran lembaga terkait yang dinilai cukup baik sehingga mampu menunjukkan peningkatan atau perubahan kemampuan petani penerima program Agrosilvopastura.
Dalam penerapan program Agrosilvopastura di Desa Sejahtera Mulia masih perlu diadakannya kegiatan sosialisasi lebih lanjut agar masyarakat mengetahui program secara baik serta penguatan peran lembaga terkait lainnya sehingga penerapan program Agrosilvopastura dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Kata Kunci : Respons Petani; Agrosilvopastura; Pertanian.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI