DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH UKURAN RUMPANG TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN ULIN (Eusideroxylon zwageri Teijsm & Binn.) DI KHDTK KINTAP KECAMATAN KINTAP KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SUSI WARDANI
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-12-27


RINGKASAN
Susi Wardani Pengaruh Ukuran Rumpang Terhadap Pertumbuhan Tanaman Ulin (Eusideroxylon zwageri Teijsm & Binn.) di KHDTK Kintap Kecamatan Kintap Kalimantan Selatan dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. H. Basir, M.S. Ph.D dan Ir. Sulaiman Bakri, M.S.
Tujuan dari penelitian ini ada dua yang pertama untuk mengetahui pertumbuhan tanaman ulin yang ditanam dengan sistem rumpang dan yang kedua mengetahui pengaruh ukuran rumpang yang optimal terhadap pertumbuhan tanaman ulin di KHDTK Kintap. Ulin merupakan pohon asli Kalimantan yang terancam punah. Bibit tanaman ulin didatangkan dari Bukit Soeharto Kalimantan Timur. Berdasarkan hasil penelitian persentase hidup tanaman ulin paling bagus terdapat pada rumpang ukuran 12 meter dan menggunakan aplikasi software sigma plot versi-12. Tinggi tanaman ulin terbaik berada pada rumpang ukuran 16 meter.
Diameter tanaman ulin terbaik terdapat pada rumpang ukuran 16 meter dan menunjukkan perlakuan yang berbeda nyata. Lebar tajuk tanaman ulin yang terbaik terdapat pada rumpang ukuran 8 meter. Intensitas cahaya terbaik terdapat pada rumpang ukuran16 meter.
Kata Kunci : Rumpang, Ulin, KHDTK Kintap

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI