DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPOSISI VEGETASI DAN ASOSIASI ANTAR JENIS DOMINAN PADA KAWASAN HUTAN KONSESI IUPHHK - HT PT. DWIMA INTIGA
PENGARANG:KARMILA
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-12-28


RINGKASAN
KARMILA, Kajian Analisis Vegetasi dan Asosiasi antar Jenis Dominan pada Kawasan Hutan Konsesi IUPHHK – HT PT. Dwima Intiga” di Desa Batu Ampar Kecamtan Piani Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan yang dibimbing oleh Ir. M. Muchtar Effendy, M.S dan Syam’ani, S. Hut, M.Sc.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Komposisi Vegetasi dan Asosiasi antar Jenis Dominan pada areal konsesi IUPHHK PT. Dwima Intiga serta mengetahui indeks keragaman jenis, kemerataan jenis, dan indeks dominansi jenis. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan objek beberapa jenis vegetasi dominan yang termasuk tumbuh pada kawasan hutan konsesi IUPHHK PT. Dwima Intiga di Desa Batu Ampar Kecamatan Piani Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. Pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan metode kombinasi yaitu metode jalur dan garis berpetak. Perlakuan yang diamati yaitu semua tingkat pertumbuhan dari tingkat semai, pancang, tiang dan pohon. Analisis data yang digunakan adalah indeks nilai penting, indeks keragaman jenis, indeks kemerataan jenis, derajat dominansi jenis dan asosiasi antar jenis.
Berdasarkan hasil penelitian analisis vegetasi dan asosiasi antar jenis dominan pada kawasan hutan konsesi IUPHHK PT. Dwima Intiga, jenis yang mendominasi pada tingkat pertumbuhan semai hingga tingkat pertumbuhan pohon jenis nya sangat beragam namun beberapa jenis saja yang mendominasi pada areal yang diteliti diantaranya jenis birik, mahang, dan karet. Hasil penelitian menunjukkan tidak semua vegetasi ditemukan di setiap tingkat pertumbuhan dikarenakan adanya persaingan hidup antara jenis satu dengan jenis lainnya ,interaksi jenis pada kawasan areal konsesi ini banyak yang tidak ditemukan berinteraksi hanya jenis Tarap dan Madang yang memiliki interaksi asosiasi positif bertaraf nyata yang dimana mereka mampu hidup saling bersamaan.
Kata kunci: Komposisi vegetasi, Interaksi antar jenis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI