DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS SWOT UNTUK PEMILIHAN STRATEGI PROMOSI WISATA MENGGUNAKAN FUZZY ANALYTICAL NETWORK PROCESS
PENGARANG:Ketut Mega Fortuna
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2018-12-28


ABSTRAK
ANALISIS SWOT UNTUK PEMILIHIHAN STRATEGI PROMOSI WISATA MENGGUNAKAN FUZZY ANALYTICAL NETWORK PROCESS (Oleh: Ketut Mega Fortuna; Pembimbing: Oni Soesanto, S.Si., M.Si dan Dwi Kartini, S.Kom., M.Kom; 2018; 81 halaman)
Kalimantan Selatan memiliki berbagai macam destinasi wisata. Setiap tempat wisata memiliki ciri khas tersendiri yang membuat pengunjung tertarik untuk hadir. Pengelolaan wisata yang berkelanjutan akan memberikan dampak kepada masyarakat sekitar salah satunya pada sektor ekonomi. Hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan wisata ialah adanya strategi promosi. Dengan adanya strategi promosi akan mempengaruhi keputusan pengunjung untuk datang ke tempat wisata. Dalam membuat strategi promosi analaisis SWOT adalah salah satu metode yang dapat digunakan karena dapat membantu memetakan kelebihan, kelemahan, peluang serta ancaman dari sebuah tempat wisata hingga terbentuklah suatu strategi promosi yang tepat. Analisis SWOT sendiri dalam penilaiannya bersifat subjektif oleh karena itu perlu adanya metode matematis yang mengubah penilaian subjektif yang ada pada analisis SWOT menjadi penilaian yang matematis dan fuzzy dapat melakukannya. Untuk mendapatkan metode strategi yang terbaik kemudian analisis SWOT dikombinasikan dengan metode fuzzy ANP dimana metode ANP sendiri berperan dalam penentuan bobot sehingga diperoleh strategi promosi terbaik. Dalam penelitian ini, dari sembilan strategi yang terbentuk, strategi SO3 merupakan strategi dengan besaran nilai relative importance terbesar yakni 13.30%.
Kata Kunci: Analisis SWOT, fuzzy ANP, strategi promosi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI